Mengenal Sistem Audio Quad-DAC Di Smartphone

JAKARTA EDITORPUBLIK.COM, Memutar dan mendengarkan musik bukan lagi hanya di music player saja. Semenjak smartphone merajalela, salah satu fitur yang kerap dipakai adalah pemutar musik. Padahal, kualitas audio yang dikeluarkan banyak yang belum bisa menandingi perangkat pemutar musik pada umumnya.

Namun seiring perkembangan teknologi audio di smartphone, kita tak usah lagi meragukan kualitas suaranya. Banyak audio yang speaker stereo sungguh bersih dan kencang. Salah satu teknologi audio yang baru muncul adalah Quad DAC (Digital to Analog Converter).

DAC adalah pengubah sinyal audio dari file digital audio (binary) menjadi gelombang audio (waveform – analog). Teknologi ini tercipta karena mengikuti telinga manusia yang hanya mampu mendengar sinyal audio berbentuk gelombang. DAC didesain terintegrasi dalam gadget, dari integrated circuit menjadi chip.

Baca Juga :  Presiden Jokowi Apresiasi Kawasan Waterfront City Sungai Kapuas

Chip ini dikembangkan dengan kemampuan mengintegrasikan 32-bit stereo Quad DAC untuk memberikan kekuatan amplifier headphone dan gangguan noise yang jauh lebih rendah. Terdapat tiga metode peningkatan kinerja sebuah chip DAC dalam multimedia player dan smartphone yaitu penduplikasian skema proses, fokus pada peningkatan bit-depth dan sampling rate, serta fokus pada pembersihan noise.

Sistem Quad DAC didesain mampu mengubah on-off tiap sub-DAC secara individual, tergantung seberapa besar pekerjaan pembersihan noise dan upsampling dibutuhkan.

Quad-DAC memiliki beberapa kelebihan, diantaranya peningkatan dynamic range dan dimensi suara, meminimalisir noise secara maksimal hingga terasa lebih bersih, detail dan tajam, peningkatan gain dan volume, serta hemat energi hingga tak membuat baterai smartphone boros.

Baca Juga :  Pj. Wali Kota Bekasi Paparkan Perkembangan Implementasi Smart City Kepada Kominfo RI

Saat ini, Quad DAC pertama kali bermukim di smartphone flasghip LG V20. Menggandeng ESS sebagai pemasok chip DAC, LG Mobile ingin memanjakan telinga para penikmat musik kualitas tinggi. (ep1)

Bagikan :