Presiden Jokowi Resmikan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated)

JAKARTA EditorPublik.com, Presiden Jokowi resmikan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) atau tol Japek Layang sepanjang 36,4 kilometer. Jalan Tol ini berada tepat di atas jalan tol Jakarta-Cikampek (Japek) eksisting,  membentang dari ruas Cikunir hingga Karawang Barat.

“Alhamdulillah, semuanya berjalan dengan lancar. Dalam waktu dekat, Japek II dapat dilalui kendaraan, khususnya saat libur perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020,” kata Pesiden, Kamis (12/12/2019).

Jalan Tol Elevated Jakarta Cikampek (Japek)

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi sangat  mengapresiasi kerja besar pembangunan jalan tol ini. “ Saya tahu prosesnya begitu rumit, membangun jalan tol layang di atas jalan tol yang tetap dibuka dan dipadati 200.000 kendaraan setiap hari. Di sisinya juga ada pembangunan LRT Jabodebek, dan di dekatnya lagi ada pembangunan jalur Kereta Cepat Jakarta Bandung,” kata Presiden Jokowi.

Baca Juga :  Atletik Sumbang 3 Medali Emas Untuk Kontingen Kabupaten Bekasi

Sebagaimana diketahui, Tol Elevated Jakarta – Cikampek ini adalah 1 dari 4 proyek strategis nasional yang sedang dikerjakan dan melintas di Kota Bekasi. 3 lainnya antara lain tol Becak Kayu, LRT dan Kereta Cepat.

Dengan selesainya Japek Layang ini diharapkan akan menekan angka kemacetan menuju Kota Bekasi, dengan mengurainya kemacetan akan berdampak positif bagi Kota Bekasi, khususnya geliat ekonomi dan kualitas hidup.

“Kemacetan panjang saban hari di Jalan Tol Jakarta-Cikampek dua tahun terakhir, segera terurai  menjelang akhir tahun. Hari ini, saya meresmikan jalan tol layang Jakarta-Cikampek atau Japek II yang dibangun sejak 2017 itu,” kata Presiden Jokowi.

Jalan tol elevated ini disebut sebut menjadi jembatan terpanjang di Indonesia. Membentang sepanjang 36,4 kilometer, seluruhnya berupa konstruksi layang yang ditunjang 9.000 tiang pancang tepat di sebagian ruas Tol Jakarta-Cikampek, dari Cikunir hingga Karawang Barat.Tol layang ini dibangun untuk memisahkan kepadatan kendaraan di jalur perjalanan Jakarta-Bekasi-Cikarang dengan jalur perjalanan jarak jauh seperti tujuan Cirebon, Bandung, Semarang, dan Surabaya. (Kris Sinambela)

Bagikan :