Gubernur DKI dan Wali Kota Bekasi Resmikan Fly Over Rawa Panjang dan Cipendawa

KOTA BEKASI EditorPublik.com, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Wali Kota Berkasi Dr.Rahmat Effendi, meresmikan Jembatan Layang (fly over) simpang Rawa panjang dan Simpang Cipendawa. Peresmian pembangunan kedua fly over yang menelan biaya Rp300 milyar lebih ini, dilaksanakan di atas jembatan simpang Cipendawa, Jumat (31/1/20).

Peresmian ini juga dihadiri sejumlah pejabat Pemprov DKI Jakarta, Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol. Wijonarko, Dandim 0507/Bekasi Letkol Inf.Rama Pratama, Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Bekasi Arief Maulana, Sekretaris Dinas BMSDA Solihin, Kabid Bina Marga Subroto, Kasi Pengembangan dan Pembangunan Jalan DMBSDA Idi Susanto, unsur TWUP4 Dr.Benny Tunggul dan unsur Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) Kota Bekasi

Dengan diresmikannya penggunaan kedua Fly over ini, diharapkan akan dapat mengurangi dan mengurai titik kemacetan yang sering terjadi di Kota Bekasi, terutama sepanjang jalan Jalan Raya Narogong dan Prapatan Rawa Panjang.

Baca Juga :  Siswa Makin Berkurang, Pemkot Bekasi Akan Marger Puluhan Sekolah Dasar

“ Fly over Rawa Panjang diharapkan dapat mengurai titik kemacetan di jalan Nasional dan Fly Over Cipendawa akan mengurai titik kemacetan jalan Provinsi sekaligus mendukung arus lalulintas keluar toll Jatiasih, kedua fly over ini akan dapat mengurai kemacetan sekitar 30 persen. Memang masih ada titik titik kemacetan yang akan terjadi, tetapi itu terjadi di jalan jalan kecil,” kata Wali Kota Bekasi.

Kabid Bina Marga DBMSDA Subroto, Kasi Pengembangan dan Pembangunan Jalan DMBSDA Idi Susanto beserta Staf foto bersama pada acara Peresmian Fly Over Rawa Panjang – Cipendawa, Jumat (31/1/2020)

Wali Kota Bekasi juga mengucapkan terima kasih kepada Pemprov DKI Jakarta, atas bantuan dana untuk pembangunan kedua fly over yang diberikan kepada Pemkot Bekasi.

 “Pembangunan  kedua fly over ini adalah wujud dari hubungan yang baik dan terjadinya harmonisasi Pemprov DKI Jakarta dan Pemkot Bekasi yang dinaungi Pemrov Jawa Barat,” Imbuh Wali Kota yang akrab disapa Bang Pepen ini.

Baca Juga :  Penetapan Direktur Bidang Usaha Perumda Tirta Patriot Kota Bekasi Telah Sesuai Aturan

Ditambahkan Pepen, fly over Rawa Panjang dan Cipendawa adalah kewenangan Pemerintah Provinsi Jawa Barat,

Wali Kota Bekasi juga menyampaikan bahwa bantuan  Pembangunan Fly over  dari Pemprov DKI Jakarta bukan yang pertama kali, sebelumya Pemkot Bekasi juga menerima bantuan DKI untuk pelebaran jalan dari Toll Jatiasih sampai jembatan Bojong Menteng.

“Jalannya bagus, mulus dan yang tidak kalah pentingnya adalah pelebaran jalan tersebut dapat mengurai kemacetan di 19 titik macet” kata Pepen.

 “ Alhamdulilah, pagi ini saya merasa bersyukur,peresmian ini ditandai dengan udara yang sejuk dan teduh seakan menyambut kita penuh dengan persaudaran” kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengawali sambutannya.

Anies mengatakan, bahwa kerjasama antara DKI dan Pemkot Bekasi didasari semangat untuk saling menopang dan menyangga, kita adalah tetangga yang memiliki integrasi hampir disemua sektor.

Baca Juga :  Wali Kota Bekasi Disomasi Terkait PPDB 2021/2022

“ Masyarakat, perekonomin maupun transportasi antara DKI dan Bekasi semua terintegrasi, hanya karena pembagian kewenangan administrasi pemerintah membuat sebagian ada yang tinggal provinsi Jawa Barat dan di DKI Jakarta, kita semua warga Indonesia dan berhak mendapatkan pelayanan yang sama” kata Anies.

Kabid Bina Marga Dinas BMSDA Kota Bekasi, Subroto didampingi Kasi Pengembangan dan Pembangunan Jalan DMBSDA Idi Susanto di sela peresmian kepada EditorPublik.com mengatakan rasa bangga pembangunan dapat diselesaikan tepat waktu.

“ Awal pembangunan, ada beberapa kendala, seperti pembebasan lahan dan utilitas yang bersamaan dan bersebelahan, sehingga harus dipindahkan dulu baru konstruksi dibangun. Pasca peresmian,  180 hari kedepan biaya perawatan fly over masih dalam tanggungan kontraktor, kemudian nantinya akan diserahkan sebagai aset ke Pemprov Jawa Barat” pungkas Subroto.  (MEHA)

Bagikan :