Wali Kota Bekasi Resmikan Penggunaan Jalan SS Jakasetia – Pekayon

KOTA BEKASI EditorPublik.com, Wali Kota Bekasi Dr.Rahmat Effendi secara resmi membuka penggunaan Jalan SS Jakasetia – Pekayon. Pembukaan jalan baru ini diharapkan dapat membagi volume kendaraan yang setiap harinya memadati ruas Jalan Pekayon.

Akses baru Jalan SS ini merupakan jalan baru yang sejajar dengan Jalan Raya Pekayon, Bekasi Selatan. Jalan ini membentang dari Permata Pekayon hingga Pondok Surya Mandala kecamatan Jatiasih.

“Tinggal satu tahapan sesi akhir menyambungkan dari Pondok Surya Mandala sampai pertigaan Pasar Rebo Jatiasih,” ucap Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi usai peresmian, Jumat (31/1/2020)

Penandatangan Prasasti Peresmian Jalan SS Jakasetia Pekayon

Tahap awal pekerjaan ruas Permata Pekayon hingga Pondok Pekayon Indah sepanjang 308 meter didanai APBD Kota Bekasi tahun 2017. Ruas Pondok Pekayon Indah sampai Pulo Ribung dikerjakan melalui APBD 2018 dan 2019 sepanjang 1.331 meter. Lalu ruas Pulo Ribung hingga Pondok Surya Mandala sepanjang 2,6 kilometer dikerjakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat tahun 2019.

Baca Juga :  Gerak Ramadan, Pokja Media Polres Majalengka Berbagi Nasi Kotak dan Masker

“Ruas sisanya kami sudah usulkan agar bisa dilanjutkan pengerjaannya oleh Kementerian PUPR sepanjang 1,6 kilometer,” imbuh Wali Kota.

Akan tetapi, Pemkot Bekasi tetap bertanggung jawab atas pembebasan sejumlah lahan warga yang akan dijadikan lintasan jalan mulai dari Pondok Surya Mandala hingga Jatiasih.

“Kami sudah monitor, memang banyak yang bisa segera ditertibkan karena memang menduduki lahan milik PJT II. Namun beberapa ada juga lahan yang dimiliki secara sah karena sertifikatnya lengkap,” tambah walikota yang akrab disapa Bang Pepen ini.

Pepen juga bercerita mengenai sejarah yang ada pada ruas jalan Pekayon ini, pada tahun 1969 telah diresmikan saluran air yang mengalir dari bendungan Koja.

Baca Juga :  Kejari Kota Bekasi Tetapkan Dua Tersangka Pengadaan Budidaya Kambing

“Saluran ini sangat lebar dan tepatnya pada tahun 1985 itu mengaliri Surya Madanda menuju ke kiri perumahan Mas Naga, perumahan Bougenvil, polder fajar, sampai kali Bencong HI. Dengan proses panjang hingga menuai berita yang tak enak, tetap saja jalan ini telah terbentuk, sekaligus kami dari Pemerintah Kota Bekasi telah menugaskan kepada Dinas Perkimtan dan Bappeda untuk bangun 2 blok Rusunawa di depan TPA Bantargebang,” kata Pepen.

Acara Peresmian Jalan SS jakasetia Pekayon

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VI Hari Suko Setiono yang turut menghadiri peresmian mengatakan, pengerjaan konstruksi jalan ini memang terbilang singkat.

“Hanya dalam kurun tiga bulan pekerjaannya bisa dirampungkan. Saya menyampaikan apresiasi kepada Wali Kota dan tim, berkat kegigihannya yang bisa meloby Menteri, akhirnya bisa tembus kembali dan bisa dikerjakan walau sebelumnya sempat dibatalkan.” Kata Hari Suko.

Baca Juga :  Sambut Libur Natal dan Tahun Baru, Jalan Tol Balipapan-Samarinda Siap Diresmikan

“Namun secara teknis sudah bisa dioperasikan, mungkin tinggal dilengkapi rambu-rambunya demi keselamatan pengguna jalan. Mudah-mudahan ruas ini efektif mengatasi kemacetan di Pekayon,” sebut Hari Suko.

“Pembebasan lahan untuk jalan ini bukan untuk kepentingan saya, apalagi untuk kepentingan pribadi, tapi untuk kepentingan warga Kota Bekasi, kita bisa lihat sekarang manfaatnya untuk mengurangi dampak ruas macet di Pekayon. Dan ini saya tegaskan, ini milik kita semua, nanti yang lewat bukan hanya untuk warga Kota Bekasi tapi untuk bersama sama.” Pungkas Rahmat Effendi.  (MEHA/Humas /Ndut)

Bagikan :