Pemkot Bekasi Ajak Warga Kurangi Penggunaan Kantong Plastik

KOTA BEKASI EditorPublik.com, Wakil Wali Kota Bekasi Dr.Tri Adhianto didampingi sang istri Wiwiek Hargono, melakukan sidak ke mini market di Jalan Agus Salim, Bekasi Timur, Jumat (21/2/2020) pagi. Hal itu dilakukan Pemkot Bekasi untuk melakukan sosialisasi dan mengajak masyarakat agar selalu membawa tote bag / tas belanja ramah lingkungan saat berbelanja ke pasar atau supermarket.

Dengan menggunakan sepeda, DR. Tri Adhianto didampingi sejumlah pejabat di lingkungan Pemkot Bekasi, terlihat turut mendampingi, Kabid Penataan dan Peningkatan Kapastitas Lingkungan Hidup Kota Bekasi Helfi Hendriyana, Dr.Benny Tunggul Tim Percepatan Pembangunan (TWUP4). 

Seperti diketahui, mulai tanggal 1 Maret 2020 Pemerintah Kota Bekasi, akan menerapkan kebijakan belanja tanpa kantong plastik di toko ritel dalam rangka realisasi implementasi Perwal Nomor 37 Tahun 2019 tentang penggunaan plastik sekali pakai.

Baca Juga :  Atal Depari Buka Konferensi Kerja PWI Jawa Barat 2022

Tri Adhianto mengatakan, sejauh ini pengusaha ritel maupun minimarket sudah mulai mengganti kantong plastik sekali pakai menjadi tote bag yang lebih ramah lingkungan

“Sosialisasi kebijakan tersebut telah dilakukan sejak tahun lalu ke pengusaha-pengusaha ritel. Sekarang sudah sampai sosialisasi tahap akhir,” kata Wakil Wali Kota yang akrab disapa Mas Tri ini.

Mas Tri mengungkapkan, kebijakan tanpa kantong plastik sekali pakai di toko modern merupakan langkah awal pemerintah dalam mengurangi penggunaan kantong plastik di tengah masyarakat. Kebijakan tersebut, merupakan bentuk komitmen pemerintah untuk menciptakan lingkungan hidup yang lebih baik kini dan nanti.

“Ayo masyarakat Kota Bekasi, kita bijak dalam menyikapi kebijakan penggunaan kantong plastik sekali pakai. Ayo mulai saat ini membawa tas belanja yang ramah lingkungan,” ajak Mas Tri. (MEHA)

Bagikan :