Kadinkes Kota Bekasi: Semua Rumah Sakit dan Puskesmas Siaga Virus Corona

KOTA BEKASI EditorPublik.com, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Bekasi, dr.Tanti Rohilawati, SKM, M Kes, memastikan semua Rumah Sakit dan Puskesmas di Kota Bekasi dalam kesiap-siagaan untuk mengantisipasi kemungkinan penyebaran virus corona (covid 19) di wilayah Kota Bekasi. Hal ini disampaikannya kepada sejumlah wartawan usai menghadiri Deklarasi Membumikan Pancasila di Stadion Patriot Candrabhaga, Selasa (3/3/2010).

“ Seluruh Rumah Sakit dan Puskesmas, siap memberikan layanan kesehatan, kecuali apabila diperlukan penanganan atau pengawasan lanjutan, akan dirujuk ke Rumah Sakit yang sudah ditentukan oleh Pemerintah pusat atau Nasional. Karena posisi Kota Bekasi dekat dengan DKI Jakarta, maka yang akan menjadi rujukannya adalah Rumah Sakit Sulianti Saroso, atau RS Gatot Subroro dan RSUP Persahabatan. Jadi ada tiga Rumah Sakit yang menjadi rujukan Covid 19 untuk Kota Bekasi, namun bila diperlukan tidak menutup kemungkinan kita juga bisa merujuk ke Rumah Sakit Hasan Sadikin Jawa Barat.” Kata dr.Tanti.

Baca Juga :  Polsek Kandis Ringkus Terduga Pelaku Pencurian di PT Ivomas Tunggal

Dr Tanti menambahkan, untuk skala nasional pemerintah telah menyiapkan 100 Rumah Sakit rujukan, untuk Jawa barat yang dekat dengan Kota Bekasi tersedia 7 Rumah Sakit rujukan seperti RS Hasan Sadikin, RS Rotinsulu Bandung, RS dr Slamet di Garut, RS Gunung Jati Cirebon,RS Samsudin Sukabumi, RS Umum Indramayu dan RS Subang.

“ Saya berharap kepada teman teman media, jangan kita memberikan berita yang menambah kekhawatiran masyarakat, justru media harus memberikan rasa tenang, yang penting mari kita jaga kebersihan, asupan gizi yang baik dan mencukupi, sehingga dapat menjaga ketahanan tubuh dari kemunkinan penularan Covid 19” sebut dr Tanti.

“Kalau kondisi tubuh kita kuat dan bagus, akan melemahkan coivid 19 yang mungkin terjadi, namun mudah mudahan tidak terjadi dan kita tidak berharap.” imbuh dr Tanti.

Baca Juga :  Rahmat Effendi: Tanpa Guru Kita Tidak Mengenal Angka dan Huruf

Di tempat yang sama, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi menegaskan bahwa masyarakat Kota Bekasi tidak perlu panik dan tetap tenang menghadapi permasalahan Covid 19.

“Sebenarnya tidak perlu khawatir,yang penting kita hidup bersih. Kita bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) telah melakukan upaya-upaya, unsur Forkopimda turun semua memberikan pemahaman bahwa kita tidak perlu panik, mudah-mudahan tidak ada,” kata Rahmat Effendi.

Dikatakan Wali Kota yang akrab disapa Bang Pepen ini, bahwa Kota Bekasi saat ini masih aman dari Corona atau Covid 19. Jika memang terjadi, unsur Forkopimda sudah siap dengan langkah penanganan termasuk dengan evakuasi.

“Saya tadi sudah bicara dengan Wakil Wali Kota, Dr Tri Adhianto, dengan Dandim dan Kapolres untuk melakukan upaya-upaya termasuk evakusi jika hal itu memang terjadi,” ujarnya. (MEHA)

Bagikan :