Kapolres Majalengka Pimpin Apel Kesiapan Penangulangan Bencana Karhutla

MAJALENGKA EditorPublik.com Polres Majalengka melaksanakan apel sinergitas kesiapan pengamanan dalam rangka penanggulangan bencana alam KARHUTLA (Kebakaran Hutan Dan lahan) di wilayah Kabupaten Majalengka yang dilaksanakan di halaman Apel Mako Polres Majalengka, Senin (6/7/2020).

Apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana ini dipimpin Kapolres Majalengka, AKBP Dr.Bismo Teguh Prakoso, dihadiri Wakil Bupati Majalengka Tarsono D Mardiana, Dandim 0617/Majalengka Letkol Inf.Harry Subarkah, dan dihadiri Danyon 321, Forkopimda Kabupaten Majalengka dan Pejabat dari unsur TNI dan Polri, pejabat instansi terkait meliputi Satpol PP, BPBD, Basarnas, Tagana, serta anggota dari tiap instansi sebagai pasukan apel.

Kapolres Majalengka AKBP Dr Bismo Teguh Prakoso dalam Amanatnya menyampaikan bahwa apel sinergitas kesiapan pengamanan penanggulangan bencana alam karhutla ini merupakan bentuk kesiapan kita dalam menanggulangi bencana, khususnya Kebakaran Hutan dan Lahan. 

Baca Juga :  Presiden Jokowi Minta Wartawan Patuhi Kode Etik Jurnalistik

Diharapkan, TNI-Polri dan Instansi terkait serius mencegah terjadinya Karhutla dengan melakukan kegiatan-kegiatan Preventif.

“Polres Majalengka akan bertindak tegas terhadap pelaku pembakaran Hutan dan Lahan.” tegas Kapolres.

Menurutnya kejadian karhutla merupakan peristiwa yang dapat mengganggu aktivitas kehidupan masyarakat, yang dapat mengakibatkan gangguan kesehatan, korban jiwa, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda dan dampak psikologis lainnya.

“Dibutuhkan sinergitas dan kerjasama yang baik antara petugas dan masyarakat dalam mencegah dan menangani karhutla,‚ÄĚKata AKBP Bismo.

Usai apel dan gelar pasukan, unsur Forkimpa dan undangan melakukan pengecekan peralatan penanggulangan bencana dan kebakaran diantaranya mesin pompa air, rangsel air, mesin pemadam, watermaster, tabung oksigen beserta Masker, jaket anti api termasuk kendaraan operasional.

Baca Juga :  Polres Majalengka Bagikan 1.500 Paket Sembako

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Majalengka memberikan bantuan perlengkapan alat taktis pemadam kebakaran berupa tiga Tron (water bag) masing masing 5000 Liter, 50 pcs rangsel air penanganan karhutla, dan 50 pcs face shield, genset, oksigen dan perlengkapan penunjang lainnya, yang secara simbolis diserahkan kepada anggota satgas karhutla. (SITI A. /D@VID’70)

Bagikan :