Presiden Jokowi Tinjau Uji Klinis Bakal Vaksin Covid 19

BANDUNG EditorPublik.com – Presiden Jokowi meninjau pelaksanaan uji klinis tahap ketiga terhadap bakal vaksin Covid-19 di Gedung Eyckman, Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran, Bandung, Selasa (11/8/2020).

Calon vaksin covid 19 yang diuji coba ini merupakan hasil dari pengembangan yang dilakukan oleh Bio Farma dengan perusahaan asal Cina, Sinovac. Setelah melalui tahap pertama dan kedua di Cina, sebanyak 2.400 vaksin kemudian dibawa ke Indonesia pada bulan lalu untuk diuji klinis di Bandung.

Uji vaksin melibatkan sebanyak 1.620 relawan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal pengembangan dan penemuan vaksin Covid-19 yang ditargetkan tercapai akhir tahun ini.

“Kita harapkan nanti Insya Allah di bulan Januari kita sudah bisa memproduksi dan sekaligus juga kalau produksinya sudah siap langsung diberikan vaksinasinya kepada seluruh masyarakat di tanah air,” kata Jokowi.

Baca Juga :  Peserta Hari Pers Nasional 2023, Akan Diajak Tour Danau Toba

Bersamaan dengan itu, pemerintah juga berupaya mengembangkan vaksin sendiri yang dikembangkan dari isolat virus Covid-19 yang ada di Indonesia.

Pengembangannya dilaksanakan oleh Lembaga Eijkman, BPPT, LIPI, BPOM, Menristek, dan universitas-universitas di Tanah Air. Saya berharap vaksin “Merah Putih” tersebut dapat diselesaikan pertengahan tahun 2021 mendatang.

Ditambahkan Presiden Jokowi, Indonesia tetap membuka diri untuk bekerja sama dengan pihak lain misalnya dengan Sinovac, Uni Emirat Arab di G20, dan dengan Korea Selatan. Kerja sama ini demi secepat-cepatnya kita bisa melakukan vaksinasi untuk seluruh rakyat Indonesia. (Kris Sinambela)

Bagikan :