Presiden Jokowi Tinjau Lahan Food Estate di Desa Ria Ria Kab Humbahas

DOLOKSANGGUL EditorPublik.com –  Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Desa Ria Ria, Kecamatan Pollung Kabupaten Humbang Hasundutan Provinsi Sumatra Utara.

Kedatangan Jokowi ke Desa Ria Ria Kecamatan Pollung ini adalah untuk meninjau perkembangan pembangunan kawasan lumbung pangan (food estate) baru yang nantinya akan dikembangkan pertanian modern berbasis hortikultura.

Turut mendampingi Presiden Jokowi, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Suharyanto, Komandan Paspampres Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, serta Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

” Sebelumnya, dua kali saya telah berkunjung ke kawasan pembangunan lumbung pangan nasional di Kalimantan Tengah. Kalau di Kalteng untuk padi dan singkong, maka di Sumut ini yang dikembangkan pada tahap awal adalah hortikultura”, kata Jokowi, Selasa (27/10/2020) di Desa Ria Ria Doloksanggul.

Baca Juga :  ASN Humbahas Ikuti Simulasi Aplikasi System Informasi Kepegawaian

Untuk saat ini, di Humbang Hasundutan dibangun sebuah kawasan hortikultura seperti bawang merah, bawang putih, dan kentang di atas lahan seluas 215 hektare. Kita akan lihat hasilnya dua sampai 2,5 bulan mendatang.

Lumbung pangan ini nantinya mencakup lahan seluas 30.000 hektare yang tersebar di sejumlah kabupaten di Sumatra Utara, yakni Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, dan Pakpak Bharat.

Disebutkan Jokowi, tujuan pembangunan kawasan-kawasan lumbung pangan adalah untuk meningkatkan ketahanan pangan nasional. Selain itu, dalam pengembangannya, turut diupayakan optimalisasi pemanfaatan sumber daya dan membuka peluang usaha secara lebih efisien. (MEHA)

Bagikan :