DPR Setujui Komjen Pol.Listyo Sigit Prabowo Jadi Kapolri

JAKARTA EditorPublik.com – Seluruh Fraksi di Komisi III DPR RI setuju Komjen Pol.Listyo Sigit Prabowo Jadi Kapolri. Persetujuan itu disampaikan seluruh fraksi di Komisi III DPR usai menggelar uji kelayakan dan kepatutan di gedung DPR RI, Senayan Jakarta, Rabu (20/1/2021).

‘Menyetujui pengangkatan Komjen Listyo Sigit sebagai Kapolri yang selanjutnya ditetapkan dalam Rapat Paripurna DPR RI terdekat dan diproses sesuai aturan perundang-undangan,” kata Ketua Komisi III, Herman Harry.

Dalam kesempatan yang sama, Herman mengatakan Komisi III juga menyetujui pemberhentian dengan hormat Jenderal Idham Azis sebagai Kapolri.

Kapolri Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si., turut mendampingi Komjen Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., dalam melaksanakan Fit and Proper Test Kapolri di DPR RI.

Baca Juga :  Sah, Presiden Jokowi Lantik Jenderal Listyo Sigit Prabowo Sebagai Kapolri

Komjen Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., yang saat ini menjabat sebagai Kabareskrim Polri diajukan sebagai calon tunggal Kapolri oleh Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo.

Dalam proses uji kelayakan dan kepatutan, Listyo menyatakan dirinya akan mengusung konsep ‘Transformasi Polri yang Presisi.

Presisi dalam konsep tersebut merupakan akronim dari Prediktif, Responsibilitas, Transparansi berkeadilan.

Menurutnya, konsep ini merupakan kelanjutan dari konsep Profesional, Modern, dan Terpercaya (Promoter) yang telah diusung sejak era kepemimpinan Tito Karnavian sebagai Kapolri.


Pencalonan tersebut akan menggantikan Kapolri saat ini yakni Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si., yang dalam waktu dekat akan memasuki masa purna tugas dari institusi Polri.

Baca Juga :  Kapolri Lantik Komjen Agus Andrianto Sebagai Kabareskrim

Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si., memastikan akan mengawal Komjen Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., hingga masa pelantikan sebagai Kapolri.

Pada Fit and Proper Test Kapolri, Komjen Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., juga turut didampingi beberapa Pejabat Utama Mabes Polri maupun beberapa Kapolda jajaran di Indonesia. (Arzon)

Bagikan :