Gubernur Jawa Barat Resmikan Alun-Alun Majalengka

MAJALENGKA EditorPublik.com –  Gubernur Jawa Barat, H. Moch Ridwan Kamil didampingi Bupati Majalengka, Dr. H. Karna Sobahi, M.M.P, meresmikan Alun-alun Majalengka yang telah selesai direvitalisasi, Rabu (21/04/2021).

Peresmian Alun-alun, di tengah kota Majalengka tersebut, turut dihadiri  Kepala Dinas Permukiman dan Perumahan Provinsi Jawa Barat, Kepala Bappeda Prov. Jabar, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Prov.Jabar beserta rombongan lainnya, Wakil Bupati Majalengka, Sekda, para Staf Ahli, Asisten Daerah Kab.Majalengka, Ketua TP-PKK Kab.Majalengka, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kab.Majalengka, Unsur Forkopimda Kab.Majalengka, Kepala Dinas Kominfo Kab.Majalengka beserta para Kepala OPD lainnya, para Camat se-Kab.Majalengka, Dirut BUMD, Dirut RSUD serta tamu undangan lainnya.

Bupati Majalengka, Dr. H. Karna Sobahi, M.M.Pd., dalam sambutannya mengucapkan selamat datang di Kab.Majalengka kepada Gubernur Jawa Barat, H. Moch Ridwan Kamil beserta rombongan, Pembangunan Alun-Alun Majalengka ini merupakan hasil daripada gerak tangan Gubernur Jabar (Ridwan Kamil), dari penunjukan Arsitekturnya hingga urusan anggaran yang menyangkut dana yang cukup besar menghabiskan dana belasan miliar rupiah.

Baca Juga :  Ridwan Kamil Bersama Rahmat Effendi Akan Jadikan Kalimalang Seindah Cheonggyecheon River

“Untuk itu kami atas nama rakyat Majalengka mengucapkan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Gubernur Jawa Barat yang telah membantu mempersembahkan Alun-alun yang luar biasa megah ini, tentunya kehadiran Alun-alun ini akan menjadi fasilitas dimana rakyat Majalengka bisa berekspresi, ditempat ini juga sebagai tempat sarana hiburan keluarga selain itu ruang publik ini juga akan menjadi sarana pembangunan indeks kebahagiaan keluarga masyarakat Majalengka,” ucap Bupati.

Gubernur Jawa Barat, Dr. H. Mochmmad Ridwan Kamil, S.T., M.U.D., menyampaikan bahwa Alun-alun ini merupakan ruang Demokrasi dimana semua kalangan masyarakat tanpa memandang status maupun golongan tertentu semua bisa menikmati kebahagiaan bersama ditempat ini.

“Untuk itu saya minta ditempat ini harus lahir kemajuan Majalengka, disini harus menjadi tempat orang menghafal Qur’an, disini juga harus menjadi tempat dimana orang berekspresi begitupun dalam mengekpresikan seni itulah esensi daripada Alun-alun itu sendiri, tempat ini dibangun dengan ikhtiar lahir batin saya sebagai Ridwan Kamil Gubernur Jawa Barat dan bukti kecintaan saya kepada Majalengka,” ungkap Gubernur Jabar.

Baca Juga :  Pensiunan Perumda Tirta Bhagasasi Bekasi Persoalkan Perubahan Sepihak Sertifikat Asuransi jiwasraya

Ridwan Kamil menambahkan, disetiap tempat harus mempunyai karakter, seperti halnya yang tampak di Majalengka ini dengan ciri khas dan karakternya adalah dari tanah liat yang salah satu contohnya yaitu genteng dan batanya, untuk itu dari tahapan awal pembangunan Alun-alun ini diarahkan agar sesuai dengan ciri khas Majalengkanya tampil berbeda dengan Kabupaten/Kota lainnya di Jabar, hal ini tentunya agar ciri khas dari Majalengka dengan kota lain dapat terasa.

“Saya titip Alun-Alun Majalengka ini agar senantiasa dijaga, jadikan kebanggan Majalengka, ramaikan dengan hal-hal dan tindakan yang positif dan juga produktif lahir batin, dengan ciri khas terakota nya ini akan menjadi roh yang membedakan dengan Alun-alun lainnya, satu hal lagi yang terpenting jangan pernah lupakan saya seorang Ridwan Kamil jika sudah tak lagi menjabat sebagai Gubernur, ingatlah saya sebagai salah satu sosok yang pernah berkarya untuk Majalengka,” Pungkas Ridwan Kamil.

Baca Juga :  Warga Kota Bekasi Paling Patuh Pakai Masker dan Jaga Jarak

Kepala Dinas Permukiman dan Perumahan Prov. Jawa Barat, Boy Iman Nugraha, S.T., M.T., menyampaikan bahwa dalam pembangunannya alun alun Majalengka ini dilaksanakan dalam dua tahap yakni tahun 2019 dan 2020, dengan anggaran yang berasal dari bantuan keuangan Pemerintah Provinsi Jawa Barat senilai kurang lebih 18 miliar rupiah.

“Adapun tujuan dibangunnya Alun-alun ini adalah sebagai Land Mark Kota, ruang berinteraksi masyarakat, ruang rekreasi keluarga serta juga salah satu fungsinya adalah sebagai ruang antara kehidupan duniawi dan ukhrowi. Kami berharap semoga apa yang telah terbangun ini dapat berkelanjutan fungsi dan sisi manfaatnya,” ucap Boy Iman. (Siti.A)

Bagikan :