Pangdam Jaya Kunjungi Kampung Pancasila di Kota Bekasi

KOTA BEKASI EditorPublik.com – Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman mengunjungi Kampung Pancasila yang terletak di Kampung Sawah, Gang Kober No 1, RT 03/03, Kecamatan Pondok Melati, Kota Bekasi, Rabu (3/6/2021). 

Kedatangan Dudung sendiri dilakukan untuk melihat secara langsung kehidupan bertoleransi yang sudah mengental di masyarakat Kampung Sawah.

Kedatangan Mayjen TNI Dudung disambut Wakil Wali Kota Bekasi, DR. Tri Adhianto, bersama Danrem 051 Brigjen TNI Sidarta Wisnu, Asintel Kasdam Jaya, Aster Kasdam Jaya, Dandim 0507/Bks Kolonel Arm. Iwan Aprianto, dan Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol A. Suprijadi.

Seperti diketahui, Kampung Sawah dijuluki bentengnya Kampung Pancasila, karena daerah tersebut memiliki sejarah toleransi umat beragama yang sangat baik sejak zaman penjajahan Belanda. Implementasi nilai-nilai Pancasila tersirat pada kesahajaan antar umat beragama dalam bersosialisasi.

Baca Juga :  Wali Kota Lantik Pengurus Gabungan Organisasi Wanita Kota Bekasi

Ada empat lokasi peribadatan yang ditinjau oleh Pangdam Jaya beserta rombongan, yang pertama Masjid Ponpes Yasfi milik umat Islam, Gereja milik umat Protestan, Gereja milik umat Katolik, dan Pura milik umat Hindu, keberadaan tempat peribadatan tersebut bisa terbilang berdampingan.

Meski berdampingan, akan tetapi warga masyarakat setempat sangat menjaga kerukunan antar umat beragama, saling menghargai satu sama lain dan saling menjaga toleransi umat beragama.

Pangdam Jaya  menyatakan apresisasi yang setinggi-tingginya kepada warga masyarakat Kampung Sawah, yang telah memberikan contoh yang baik dalam mengaplikasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

“Saya apresiasi setinggi-tingginya kepada warga masyarakat Kampung Sawah, yang telah menjaga kerukunan, toleransi umat beragama dan telah mengaplikasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila,” Mayjen TNI Dudung.

Baca Juga :  Wali Kota Bekasi Pimpin Upacara HUT KORPRI ke 48

Tri Adhianto selaku Wakil Wali Kota bekasi memberikan tanggapan, bahwasanya Pemerintah Kota Bekasi tentunya juga mendukung secara penuh atas kearifan lokal budaya yang ada dikampung sawah.

“Tentunya Bang Pepen (Wali Kota-red) dan Mas Tri Adhianto mendukung secara penuh kearifan budaya lokal yang ada dikampung sawah, toleransi umat beragama yang ada dikampung sawah diharapkan bisa menjadi percontohan bagi daerah-daerah lainnya,” ujar Tri Adhianto.

Tri Adhianto yang akrab disapa Mas Tri ini, berharap nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dapat di implementasikan di masyarakat khususnya bagi masyarakat warga Kota Bekasi, dengan demikian bisa dipastikan kerukunanan antar umat beragama dan keutuhan NKRI akan selalu tetap terjaga. (MEHA)

Bagikan :