Pemkab Humbahas Siapkan Rp 2,6 M Beli Randis Bupati Dan Wabup

HUMBAHAS EditorPublik.com – Ditengah banyaknya program pembangunan yang lebih urgen tertunda karena terjadi refocusing anggaran membiayai penanganan pendemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara tahun ini malah menyiapkan dana Rp 2,6 Miliard lebih untuk membeli kendaraan dinas (Randis).

Unit kendaraan dinas yang terbilang fantastis itu diperuntukan bagi Bupati seharga Rp 1,9 M lebih dan senilai Rp 750 juta untuk Wakil Bupati.

Sejumlah pihak pun menilai rencana pembelian randis baru ini momentumnya kurang tepat dikarenakan saat ini ekonomi warga relatif merosot dan menderita terdampak Covid-19.

Bahkan harga randis yang dianggarkan itu terlalu besar dan kemahalan.

“Ini sama saja tidak mencerminkan program yang pro rakyat melainkan kepentingan kenikmatan dunia bagi Bupati dan Wakil Bupati”, kata Hendri salah seorang praktisi ekonomi di Dolok Sanggul, kepada EditorPublik.com Senin, (12/7/2021) sore.

Baca Juga :  Wakil Wali Kota Bekasi Kunjungi Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja

Pembelian randis memang tidak dilarang sebab ada regulasi yang mengatur hanya saja kata Hendra momenya kurang pas harganya kemahalan.

“Ini masalah moral sebenarnya, kemudian kalau memang harus dibeli, kan bisa randis yang lebih murah, ini harga Rp 1,9 M. Apa nggak terlalu mewah itu,” ujarnya.

Sementara untuk mengetahui, urgensi pembelian mobil baru ini, Sekretaris Derah Kab. Humbahas yang dihubungi wartawan melalui WhatsApp menyebut dirinya sedang diluar kota.

“Saya sedang di Tarutung” singkatnya.

Terpisah Ketua DPRD setempat, Ramses L Gaol menyebut anggaran pembelian randis itu diusulkan dan disetujui pada tahun 2020 lalu.

Peruntukannya lanjut Ramses untuk Bupati dan Wakil Bupati baru mengingat tahun 2020 lalu Humbahas menggelar Pilkada. (bl/lam).

Bagikan :