DPRD Kota Bekasi Terima Kunjungan Ombudsman Republik Indonesia

KOTA BEKASI EditorPublik.com – DPRD Kota Bekasi  menerima kunjungan dari Ombudsman Republik Indonesia dalam rangka meningkatkan kelembagaan, Rabu (1/9/2021)

Hery susanto salah satu anggota ombudsman  menyampaikan bahwa kehadirannya dan jajarannya untuk mendengarkan aspirasi dari anggota DPRD Kota Bekasi  dan kewenangan daerah yang mungkin tidak sampai ke pusat.

Selain  dalam konteks pengawasan, kunjungan Ombudsman ini adalah untuk mendorong terciptanya kepatuhan administrasi dan memberikan saran perbaikan agar pelayanan publiK di kota bekasi semakin baik.

Pimpinan DPRD Kota Bekasi sangat  menyambut baik atas kehadiran Ombudsman ke Kota Bekasi dalam memberikan masukan dan saran terhadap pelayanan publik.

“Kami pimpinan baru yang bertugas 6 bulan sejak dikukuhkan pada bulan Februari. Sebagai pimpinan ombudsman baru kita turun ke daerah-daerah sebagai bagian partisipasi publik. Sebelumnya kita berkunjung ke Wali Kota. Dan sekarang ke DPRD. Dengan silaturahmi ini kami membangun jaringan kerja dalam konteks pencegahan maladministrasi. Agar pelayanan publik di kota Bekasi semakin baik,” jelas Hery.

Baca Juga :  Tri Adhianto Terima Kunjungan Pokja Wartawan DPRD Kota Bekasi

Lanjut Hery, kolaborasi Pemkot dan DPRD di daerah dengan Ombudsman penting karena Ombudsman memiliki hak saran perbaikan agar pelayanan publik semakin baik.

“DPRD kan punya kewenangan pengawasan, punya hak legislasi, Kami juga miliki hak pengawasan tapi juga bisa memberikan saran perbaikan, misalnya perbaikan Perda, bisa ke Pemkot dan ke DPRD. Saat kewenangan daerah tidak sampai ke pusat kan ada Ombudsman. Ini timbal balik dan bisa memperkuat. Kuncinya di kolaborasi membangun jaringan kerja untuk penyelenggaraan pelayanan publik yang lebih baik,” jelasnya.

Selanjutnya Hery menyatakan ke depan prinsip kerja mereka tetap pada koridor kewenangan sebagai lembaga pengawas. Meskipun LAHP tidak selalu diterima tepat waktu pihaknya tetap mendorong agar tercipta kepatuhan administrasi.

Baca Juga :  Polsek Bekasi Timur Amankan 10 Remaja Penyerangan Warga

Sementara itu ditemui di tempat yang sama, ketua DPRD Kota Bekasi, Chairoman J Putro menyambut baik kunjungan Ombudsman RI. Ia menyatakan kolaborasi penting dalam upaya meningkatkan pelayanan publik di era industri 4.O.

“Ombudsman hadir untuk meningkatkan layanan khususnya sekarang kan sudah ada pola governance 4.0 sebagai salah satu respons dalam perkembangan industrial 4.O agar lebih cepat, transparan, akuntabel dan sebagainya. Ini juga jadi catatan kita ke depan akan mempercepat penerapan governance 4.O,” jelasnya.

Selanjutnya pihaknya akan berkoordinasi dengan Ombudsman untuk melihat peluang apa saja terkait kolaborasi dan kerjasama antar lembaga pemerintahan khususnya dengan DPRD, kaitannya dengan pelayanan publik.(Adv)

Bagikan :