Limbah Medis Ditemukan di TPA Burangkeng Bekasi

Bekasi EditorPublik.comSejumlah foto yang memperlihatkan limbah medis berserakan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Burangkeng, Setu, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, viral di media sosial. Foto tersebut diposting di akun Instagram @garrylotulung milik seorang fotografer.

Dilansir dari berita.yahoo.com, dalam foto terlihat tumpukan limbah medis yang terdiri dari masker, sarung tangan, APD, hingga tabung yang digunakan untuk mengambil sampel darah. Seluruh limbah medis tersebut berbaur dengan sampah rumah tangga.

Kekhawatiran pun muncul diantara para pemulung dan warga di sekitar TPA Burangkeng, atas keberadaan limbah medis yang dirasa dapat membuat mereka terpapar Covid-19.

Hal ini kemudian ditanggapi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, Sri Enny Mainiarti, yang mengaku belum mengetahui hal tersebut. Terlebih sejauh ini belum ada laporan terkait keberadaan limbah medis di TPA Burangkeng.

Baca Juga :  Bupati Bekasi Ajak Para Master of Ceremony Promosikan Kabupaten Bekasi

Karena itu pihaknya berencana meninjau langsung ke lokasi untuk memastikan penemuan limbah medis tersebut, dan melakukan pendalaman lebih lanjut.

“Nanti kita cek ke lapangan, untuk memastikan apakah limbah medis tersebut,” katanya, Kamis (21/10/2021).

Selalu Mengikuti SOP

Sri Enny juga menegaskan selama ini pihaknya selalu mengikuti Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam mengatur pembuangan limbah medis, terutama yang berkaitan dengan penanganan Covid-19.

“Kalau dari fasilitas kesehatan sudah ada SOP-nya untuk pembuangan limbah medis,” tandasnya. (Msk)

Bagikan :