SPI dan AJOI Gelar Pelatihan Jurnalistik di Bengkalis Riau

BENGKALIS RIAU EditorPublik.com – Solidaritas Pers Indonesia (SPI), bekerjasama dengan DPC Aliansi Jurnalistik Online Indonesia (AJOI) Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau, melaksanakan pelatihan jurnalistik yang dilaksanakan di Gedung Daerah jalan Ahmad Yani Kecamatan Bengkalis Kabupaten Bengkalis Riau, Rabu (15/12/21).

Peserta pelatihan jurnalistik tersebut tidak cuma diikuti wartawan, tapi juga peserta dari sejumlah staf desa di Kabupaten Bengkalis.

Pelatihan berlangsung hikmat dan seru, dimana Ketua Umum SPI Suriani Siboro, didampingi wartawan senior, Drs. PH Sitompul, memberi pemaparan dasar ilmu jurnalis. Dengan gaya dan cara bicara Suriani Siboro dalam menyapa para peserta membuat suasana cair dan sangat bersahabat dan disukai para peserta.

Pemaparan dimulai dari pengenalan diri sebagai penulis dan pemakaian tanda baca sangat penting untuk diperhatikan dalam menulis di dalam artikel berita.

Baca Juga :  Tim Hockey Indoor Persembahan Dua Medali Untuk Kabupaten Bekasi

” Pelu diingat, bahwa penulisan titel supaya jagan berulang ulang di dalam badan berita, dan upayakan narasumber minimal 2 atau 3 orang untuk melengkapi berita” ujar Suryani Siboro.

Ditambahkannya, judul harus singkat padat dan bermakna untuk menarik perhatian semua pembaca.

Salah satu peserta dari Desa Bantan Tua, Hermanto menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan AJOI Bengkalis sangat memuaskan bagi kami para peserta dan segala materi sangat mudah dipahami.

“Alhamdullilah kami para peserta khususnya diri saya sendiri, merasa senang dengan penyampain narasumber dan mudah untuk kami mengerti apa arti wartawan, UU no 40 tahun 1999 tentang Pers, dan cara penulisan yang baik dan benar sehingga bisa dipublikasikan ke medsos atau website desa nantinya,”ujar Hermanto.

Baca Juga :  BNPB: Banjir di Kota Bekasi Paling Parah

Dalam kesempatan yang sama, PH Sitompul juga berharap supaya peserta dalam membuat berita harus memiliki narasumber yang cukup.

“Para peserta khususnya dari Desa cepat menangkap dan dalam waktu yang singkat, mereka sudah bisa mengerti tentang cara membuat berita yang baik dan benar, tapi jangan lupa memuat narasumber,” ungkapnya

Tak lupa, Ketua AJOI mengucapkan syukur atas materi yang di sampaikan para narasumber, dan berharap semoga berguna bagi peserta pelatihan.

” Saya ucapkan banyak terima kasih buat materi yang disampaikan ibu Suriani Siboro dan bapak PH Sitompul, semoga semua peserta bisa melaksanakannya di desa masing masing, tentunya untuk memajukan desa masing masing.” ujarnya. (Dewa N70)

Bagikan :