Kota Bekasi Butuh Wali Kota yang Bersih

KOTA BEKASI EditorPublik.com – Beredarnya poling calon Walikota Bekasi 2024, membuat komentar beragam dari masyarakat. Sejumlah nama, seperti Heikal Safar, Herry Koswara, Ade Puspitasari, Tri Adhianto dan Chairoman JP, digadang-gadang mampu memimpin kota patriot ini.

Menyikapi hal tersebut, masyarakat Kota Bekasi berharap, siapapun yang akan terpilih menjadi walikota, harus mampu melakukan pembenahan dan pemberantasan korupsi, khususnya dilingkungan kantor pemerintah daerah.

Hal itu harus dijadikan prioritas, karena telah terbukti dua Walikota Bekasi ditangkap tangan aparat lembaga anti rasuah alias Komisi Pemberantasan Korupai (KPK).

“Kami sebagai masyarakat Kota Bekasi berharap, walikota yang terpilih nanti benar-benar bisa melakukan pembenahan dan pemberantasan korupsi dimulai dari instansinya sendiri,” ujar Hasan Sanusi (52) yang mengaku berdomisili di Bekasi Timur, Minggu (24/4).

Baca Juga :  Terus Lakukan Sosialisasi 3M, Polsek Talaga Majalengka Bersama Muspika Bagikan Masker Gratis

Hal yang sama juga diungkapkan warga Bekasi Utara, Nur Ali (30). “Dua orang Walikota Bekasi ditangkap KPK, itu membuktikan bahwa praktek korupsi dimulai dari instansi pemerintah,” katanya.

Dia berharap, walikota yang terpilih nantinya bukan berasal dari lingkungan pemerintah daerah. “Kalau mau meminimalisir kasus korupsi, pemimpinnya jangan dari kalangan birokrasi atau pejabat di kantor pemerintah daerah,” tegasnya.

Di tempat terpisah, Ketua DPD Pusbakum Satria Adovaksi Witjaksana Kota Bekasi, Nur Alamsyah mengaku sependapat dengan masyarakat.

Menurut Alam, pemberantasan korupsi itu harus dimulai dari pejabat yang memiliki kewenangan didalam pemerintahan. “Mereka yang menjalankan roda pemerintahan itu rawan melakukan berbagai macam korupsi,” jelasnya.
Untuk itu, lanjut Alam, walikota yang akan terpilih mendatang harus dari kalangan masyarakat umum atau yang tidak pernah terlibat dalam menjalankan roda pemerintahan itu.

Baca Juga :  Menagih Janji Politik Rahmat Effendi Dan Tri Adhianto (PEN-TRI)

“Modus korupsinya selalu melibatkan oknum aparat pemerintah. Jadi sangat masuk akal jika walikota 2024 berasal dari masyarakat biasa,” tuturnya. (Ars)

Bagikan :