Festival Raja Sisingamangaraja Dilaksanakan di Geosite Sipinsur Humbahas

DOLOKSANGGUL EditorPublik.com – Festival Raja Sisingamangaraja akan dilaksanakan di objek wisata alam geosite Sipinsur yang berada di Desa Pearung Kecamatan Paranginan Kabupaten Humbang Hasundutan. Kegiatan digelar, Sabtu 30 Juli 2022. 

FRS (Festival Raja Sisingamangaraja) ini digelar di Sipinsur, sesuai dengan hasil rapat yang dipimpin Sekdakab Humbahas Drs Tonny Sihombing yang diikuti Asisten Administrasi Umum Janter Sinaga, Wakapolres Humbahas Kompol D Pinem, Pabung 0210/TU Mayor Inf Ojak Simarmata, pimpinan OPD, Camat Baktiraja bersama Kepala Desa, Camat Paranginan bersama Kepala Desa Pearung, LADN, tokoh agama, tokoh adat Sionom Ompu dari Baktiraja, pegiat wisata Baktiraja Swandy Lumbangaol dan event organizer, Senin (25/7) di Kantor Bupati Humbahas.

Dalam rapat itu dijelaskan, Raja Sisingamangaraja adalah seorang Pahlawan Nasional. Sehingga semua daerah, semua masyarakat dapat merayakannya. Karena Raja Sisingamangaraja bukan hanya milik satu daerah saja. Kegiatan ini seyogianya bertujuan untuk pemerataan. Lokasi kegiatan tiap tahun akan dilaksanakan secara bergiliran, tidak terfokus hanya di satu lokasi saja. Bahkan FRS juga bisa dilaksanakan di luar Kabupaten Humbang Hasundutan.  Di daerah manapun bisa dilaksanakan demi mempopulerkan nama Raja Sisingamangaraja. Sehingga nantinya khalayak ramai tahu dan lebih mencintai darimana asal usul Raja Sisingamangaraja. Festival ini juga sebagai ajang promosi atas objek-objek  wisata yang ada di wilayah Humbang Hasundutan. Sekaligus juga mempromosikan produk-produk UMKM yang memiliki ciri khas yang bisa digemari kuliner. 

Baca Juga :  Ketua DPRD Humbahas Batalkan SK Reses 14 Orang Anggota Dewan

Tahun 2018, Pesona Humbahas telah dilaksanakan di Baktiraja. Tahun 2019 dilaksanakan di Doloksanggul. Pada tahun 2020 dan 2021, kegiatan seperti itu batal karena wabah covid-19. 
Setelah dijelaskan apa maksud dan tujuan FRS itu, masyarakat Baktiraja melalui tokoh adat Sionom Ompu, pegiat pariwisata Baktiraja dan seluruh peserta rapat sama-sama menyetujui bahwa FRS bisa dilaksanakan di geosite Sipinsur.

Selain promosi Raja Sisingamangaraja, kegiatan ini juga meningkatkan jumlah kunjungan wisata, meningkatkan pendapatan dan perekonomian masyarakat melalui usaha UMKM. Ini juga mewujudkan percepatan pembangunan KSPN (kasawan strategis pariwisata nasional), karena Sipinsur merupakan bagian DPSP (Destinasi Pariwisata Super Prioritas) di kawasan Danau Toba.

Setelah rapat selesai dilaksanakan, Kadis Pariwisata dan Pemuda Olahraga Jakkon H Marbun SE didampingi Kabid Pariwisata Harapan Sibarani menjelaskan sebelum acara puncak, Bupati Humbahas dan rombongan termasuk tokoh masyarakat akan disambut dipintu masuk Sipinsur dengan atraksi monsak dan tari-tarian. Termasuk permainan tradisional seperti marsiada, marjalengkat, marsitekka dan martali goyang.

Baca Juga :  Ditanya Soal Anggaran, Kadis Kominfo Humbahas Berkelit, Wartawan Bukan Auditor

Ditempat acara akan diadakan fragmen berjudul Raja Sisingamangaraja dan Boru Lopian yang dipragakan Sanggar Seni. Juga diadakan Lake Toba Fashion Week yaitu peragaan busana para model professional dengan tema Ulos. Fhoto shoot di lokasi Sipinsur sebagai bahan promosi pariwisata Kabupaten Humbang Hasundutan. Lomba fashion show dengan peserta anak-anak sekolah dasar (SD) perempuan juga digelar.

Lomba marturi-turian, lomba mewarnai, atraksi seni budaya termasuk pameran produk UMKM desa juga diadakan dalam acara festival tersebut.   Kepada sang juara akan diberikan hadiah. Launcing festival Raja Sisingamangaraja sudah dilaksanakan Senin 11 Juli 2022 di Pendopo Bukit Inspirasi Doloksanggul.  Kegiatan akan dihibur artis-artis diantaranya Dompak Sinaga, Tongam Sirait & Band, Mastiani Sirait, Endy Hutauruk, Tandika&Eben Film dan Sininta Voice. (Meha)

Bagikan :