Bupati Humbahas Resmikan Listrik Desa di Dusun Lae Hundulan Tarabintang

TARABINTANG EditorPublik,com – Camat Tarabintang Serinaya Tinambunan, S.Sos menjelaskan jumlah penduduk di Lae Hundulan sebanyak 40 Kepala Keluarga. Jaringan listrik ini sudah lama sekali didambakan masyarakat. “Tahun ini kami sudah merasakan sukacita dan kemerdekaan atas terpenuhi harapan masyarakat Lae Hundulan mendapat penerangan listrik. Masyarakat sangat bangga dan bersyukur atas perhatian dan kepedulian Bupati Humbahas dan Manager PLN UP3 Sibolga. Indonesia merdeka 77 tahun dan hari ini kami dapat menikmati kemerdekaan ini secara nyata” jelas Serinaya Tinambunan, Kamis (16/2/2023)


 Darwin Simanjuntak menjelaskan pembangunan jaringan listrik ke Dusun Lae Hundulan telah dilakukan sejak Oktober 2022 sampai Januari 2023 dan menelan biaya hampir Rp 1,6 miliar. “Banyak tantangan yang kami hadapi selama pembangunan, tapi dapat berjalan dengan baik atas dukungan masyarakat dan Pemkab Humbang Hasundutan. Pekerjaan ini belum sempurna tapi akan kami perbaiki semaksimal mungkin. Kami berharap agar jaringan listrik yang sudah masuk agar dijaga dan dipergunakan dengan benar. Mari sama-sama kita menjaganya. Dusun-dusun yang belum tersentuh listrik telah didata. Kami berjanji, dusun mana yang belum ada listrik sudah kami catat, mana nanti anggaran yang cukup akan kami laksanakan. Sehingga desa-desa di Humbang Hasundutan dapat menikmati listrik dari PLN” jelas Darwin Simanjuntak.

Baca Juga :  Lestarikan Budaya, Pj Wali Kota Bekasi Buka Kejuaraan Pencak Silat


Harapan Meha mewakili tokoh masyarakat Lae Hundulan mengucapkan terimakasih kepada Bupati Humbahas dan pihak PLN Sibolga atas perhatiannya kepada masyarakat. “Kami merasa sangat senang atas pembangunan jaringan listrik ini. Kami juga berharap pembangunan jaringan listrik berlanjut sampai ke Dusun Lae Kapur yang bersebelahan dengan Dusun Lae Hundulan. Warga siap mendukung program-program yang dijalankan pemerintah. Pembangunan yang lain seperti akses jalan, internet kami juga sangat membutuhkannya” pinta Meha.


 Bupati Humbahas mengatakan dengan terbangunnya jaringan listrik ke Lae Hundulan, masyarakat dapat memperoleh kehidupan yang lebih baik lagi. Jaringan listrik ini sangat bermanfaat bagi masyarakat khususnya bagi anak-anak sekolah. “Kami mohon maaf baru kali ini listrik bisa masuk, mungkin karena banyak keterbatasan kami. Semua kebaikan ada tantangannya, tapi berkat kegigihan Camat, Kades, dan elemen masyarakat semua dapat terwujud. Jaringan listrik ke Lae Kapur akan diusahakan bekerjasama dengan pihak PLN. Terkait pembangunan akses jalan akan dibangun tahun 2024 mendatang , agar semua masyarakat di Humbang Hasundutan bisa merasakan pembangunan” jelas Bupati Humbahas.

Baca Juga :  Bupati Humbahas Sambut Kunjungan Konsulat Jenderal Republik Rakyat Tiongkok


 Bupati Humbahas juga menjelaskan terkait matematika gasing dan penanganan stunting. Dengan adanya inovasi gasing (gampang asik dan menyenangkan) dalam pembelajaran matematika, kemampuan anak-anak semakin meningkat di Humbang Hasundutan. Mengenai stunting, agar masyarakat di desa saling menjaga kebersihan agar terhindar dari penyakit. Termasuk jangan BAB (buang air besar) sembarangan. Kepada Kepala Desa diharapkan mendata warganya yang belum memiliki toilet, supaya dibangun dari anggaran dana desa. Kalau tidak cukup akan dibantu anggaran dari pemerintah. Calon pengantin dan ibu-ibu hamil agar konsultasi dan melakukan pemeriksaan ke Puskesmas.(Msk)

Bagikan :