Sekda Pakpak Bharat Terima Audiensi Pengurus Lembaga Adat Etnis Pakpak dari Kabupaten Asahan

PAKPAK BHARAT EditorPublik.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Pakpak Bharat, Jalan Berutu SPd,  didampingi Plt.Kadis Pariwisata dan Kebudayaan, Maranata Padang Bth,  dan Asisten II Sahat Parulian Boangmanalu, menerima audensi sejumlah pengurus Lembaga Adat Pakpak Kabupaten Asahan di Sindeka Salak, Jumat (23/6/2023).

Pada pertemuan  tersebut Sekda Kabupaten Pakpak Bharat  menegaskan, bahwa jati diri sebagai identitas orang Pakpak harus dipertahankan.Sehingga etnis Pakpak bisa dikenal masyarakat luas,. Salah satunya tolak ukur ketika mekarnya Kabupaten Pakpak Bharat dari Kabupaten Dairi. “Kita merasa rugi jika suku Pakpak tidak mempertahankan marga asli kita sendiri,” ujar Jalan Berutu.

Lebih lanjut, Berutu mengatakan, jika dibandingkan dengan zaman dulu, orang Pakpak sangat rentan mengganti marganya atau identitas “kepakpakannya,” apalagi saat suku Pakpak berada di perantauan atau di daeah lain.

Baca Juga :  KONI Kota Bekasi Targetkan Masuk 3 Besar PORDA Jabar 2022

“Pemkab Pakpak Bharat sangat mengapresiasi  kehadiran dan kunjungan Lembaga Adat Pakpak Kabupaten Asahan ke daerah ini, supaya suku Pakpak semakin dikenal masyarakat luas, sekaligus sebagai langkah u melestarikan adat dan budaya Pakpak,” imbuh Berutu.

Di tempat yang sama, Ketua Lambaga Adat Pakpak Asahan, Salman Berutu menjelaskan,  keberadaan suku Pakpak di Pemkab Asahan, seiring perjalanan peradaban yang  cukup toleran dengan budaya dan etnis di Asahan. (KMK)

Bagikan :