Banjir Bandang di Desa Simagulampe Humbahas, 12 orang hilang

HUMBANG HASUNDUTAN EditorPublik.com – Satu orang meninggal dan 11 orang masih hilang akibat banjir bandang di Desa Simangulampe, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara, Jumat (1/12/2023).

Diketahui banjir bandang dan lonsor itu terjadi pada Jumat, 1 Desember 2023 pukul 21.30 WIB, longsor terjadi akibat curah hujan yang cukup tinggi pada malam itu

Usai pencarian, tim SAR gabungan menemukan satu korban yang dinyatakan meninggal dunia dan 14 rumah warga dilaporkan rusak parah.

Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas) Dosmar Banjarnahor menjelaskan penyebab banjir bandang dan longsor di Desa Simangulampe, Kecamatan Bakti Raja. Untuk sementara, bencana alam itu diperkirakan terjadi karena likuifaksi atau pencairan tanah.

Baca Juga :  HKBP Serahkan Bantuan Alat Tenaga Medis ke Pemkot Bekasi

“Sebelum diteliti lebih lanjut, diperkirakan bencana ini disebabkan likuifaksi tanah, akan dilakukan mitigasi untuk menghindari kejadian bencana yang mungkin terjadi,” kata Dosmar, Sabtu (2/12/2023).

Saat ini, Bupati Humbang Hasundutan, telah menurunkan sejumlah alat berat ke lokasi kejadian untuk pencarian para korban, dibantu oleh TNI/Polri, BNPB dan BASARNAR.

Tim SAR gabungan mengalami kesulitan saat melakukan pencarian pada korban, disebabkan material bebatuan berukuran sangat besar yang terbawa banjir dan longsor menutupi lokasi kejadian.

Banyaknya material dan bebatuan yang diakibatkan banjir bandang dan longsor tersebut, sehingga benar- benar tim SAR sulit melakukan pencarian Korban. (Masler)

Bagikan :