Pj Wali Kota Bekasi: Jadikan Konferensi PWI Bekasi Momentum Mengevaluasi Peran Jurnalistik

KOTA BEKASI EditorPublik.com – Pj Wali Kota Bekasi, Raden Gani Muhamad berharap, hendaknya Konferensi PWI Bekasi dapat dijadikan sebagai momentum mengevaluasi peran jurnalistik dalam membentuk wajah media di Kota Bekasi.

Hal tersebut disampaikan Gani Muhamad melalui sambutan tertulis yang dibacakan Kepala Dinas Kominfostandi Kota Bekasi, Hudi Wijayanto saat menghadiri Konferensi PWI Bekasi dengan agenda utama pemilihan Ketua PWI Bekasi, di jalan Rawa Tembaga II No 1 Komplek Perkantoran Pemda Kota Bekasi, Rabu (24/4/2024)

“Saya menyampaikan rasa syukur dan kebanggaan atas kesempatan yang diberikan untuk berbicara di hadapan para insan pers yang telah begitu berperan penting dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat Kota Bekasi. Konferensi Persatuan Wartawan Indonesia, Pengurus PWI Bekasi Raya tahun 2024 menjadi momentum yang berharga untuk merayakan prestasi, bertukar pikiran, dan mengevaluasi peran jurnalistik dalam membentuk wajah media di Kota Bekasi,” ujar Hudi Wijayanto.

Baca Juga :  Sebanyak 16 Siswa Ikuti Pembelajaran Metode Gasing di IT DEL

Menurutnya,di tengah kemajuan teknologi informasi yang begitu pesat, peran jurnalistik menjadi semakin penting dalam mengedukasi dan mencerdaskan kehidupan masyarakat. Media tidak hanya menjadi sumber informasi, tetapi juga menjadi agen perubahan yang mempengaruhi pola pikir dan perilaku masyarakat.

“Saya sangat menyadari betapa pentingnya peran jurnalistik dalam mencerdaskan dan memajukan masyarakat di Kota Bekasi. Kami berkomitmen untuk terus mendukung kebebasan pers, melindungi wartawan, dan menciptakan lingkungan yang kondusif bagi praktik jurnalisme yang berkualitas. Kami mengakui bahwa wartawan adalah mitra strategis dalam membangun Kota Bekasi yang lebih transparan, inklusif, dan berdaya saing,” imbuhnya.

Lebih lanjut Pj Wali Kota Bekasi menyebutkan, Kota Bekasi sebagai salah satu Kota Metropolitan yang terus berkembang, tidak luput dari dampak positif yang dibawa oleh perkembangan teknologi informasi terhadap dunia jurnalistik.

Baca Juga :  Panitia Konferensi PWI Bekasi Buka Pendaftaran Calon Ketua Periode 2024-2027

Disebutkannya, bahwa perkembangan teknologi informasi, seperti media digital, platform sosial, dan berbagai aplikasi daring, telah memberikan ruang yang lebih luas bagi para wartawan untuk menjangkau khalayak dengan lebih efektif.

“Di Kota Bekasi, kami menyaksikan bagaimana media-media lokal memanfaatkan teknologi informasi ini untuk menyampaikan informasi yang relevan, mendalam, dan berdampak bagi kehidupan masyarakat. Namun demikian, dengan kekuatan teknologi informasi juga datang tantangan baru. Peredaran informasi yang tidak akurat, disinformasi, dan berita palsu menjadi ancaman yang harus ditangani dengan bijaksana. Oleh karena itu, diperlukan kerjasama yang erat
antara pemerintah, media, dan masyarakat untuk memastikan bahwa informasi yang disampaikan,” ujar Hudi Wijayanto, mengutip sambutan tertulis Pj Wali kota Bekasi.

Baca Juga :  Kota Bekasi dan Bogor Tuan Rumah Pertandingan Indonesia Martial Art Games 2023

Di akhir sambutan tertulisnya, Gani Muhamad juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh wartawan di Kota Bekasi atas dedikasi, integritas, dan semangat mereka selama ini dalam menjalankan tugas mulia.

“Kami berharap agar hubungan antara pemerintah dan media semakin erat, sehingga bersama-sama kita dapat mewujudkan Kota Bekasi menjadi tempat yang lebih baik bagi semua warga,” pungkasnya. (Meha)

Bagikan :