BERITA UTAMANUSANTARAPOLITIK

Presiden Jokowi Resmikan Istana Negara di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur

KALIMANTAN TIMUR EditorPublik.com – Presiden Joko Widodo secara resmi meresmikan Istana Negara di Ibu Kota Nusantara (IKN), Jumat (11/10/2024).

Dalam acara tersebut, Presiden Jokowi didampingi oleh Ibu Negara, Iriana Joko Widodo. Peresmian ini menjadi tonggak sejarah penting dalam pembangunan IKN sebagai pusat pemerintahan baru di Indonesia.

“Pada sore hari ini kita akan bersama-sama meresmikan Istana Negara di Ibu Kota Nusantara,” ucap Presiden Jokowi dalam sambutannya.

Awalnya, peresmian Istana Garuda juga dijadwalkan dilakukan bersamaan. Namun, karena Istana Garuda masih dalam tahap penyelesaian, peresmian tersebut ditunda hingga bulan depan.

“Istana Garuda saat ini masih dalam proses finishing dan diperkirakan memakan waktu satu bulan ke depan. Nanti peresmian akan dilakukan oleh Presiden Prabowo Subianto,” ujar Presiden.

Baca Juga :  Presiden Jokowi: Feeling Saya Mobil Esemka Laku Keras

Sebelum peresmian dimulai, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono menyerahkan Sertifikat Hak Pakai Istana Negara kepada Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Sertifikat tersebut terdaftar dengan nomor induk elektronik 1484 dan nomor sertifikat Hak Pakai 11 atas nama Pemerintah Republik Indonesia.

“Dan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada siang hari ini saya resmikan Istana Negara di Ibu Kota Nusantara,” kata Presiden Jokowi saat menandai peresmian.

Sejumlah pejabat turut hadir dalam peresmian ini, termasuk Ketua MPR RI Ahmad Muzani, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, serta Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Hadir pula sejumlah tokoh penting dari sektor pembangunan, termasuk perancang Istana Negara dan Istana Garuda, I Nyoman Nuarta.

Baca Juga :  Presiden Jokowi Minta Pengesahan RUU KUHP Ditunda

Dengan diresmikannya Istana Negara, Indonesia memasuki era baru pemerintahan yang lebih terpusat di wilayah Nusantara, sebagai simbol pemerataan pembangunan dan perpindahan pusat pemerintahan ke luar Jawa. (Msk)

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *