BEKASI RAYABERITA UTAMALINGKUNGAN HIDUPPENDIDIKAN

SMPN 11 dan SMPN 15 Kota Bekasi Raih Penghargaan Adiwiyata Tingkat Nasional

KOTA BEKASI EditorPublik.com – Dua sekolah di Kota Bekasi, SMPN 11 dan SMPN 15, meraih penghargaan Adiwiyata tingkat nasional.Penghargaan tersebut diserahkan oleh Sekda Kota Bekasi, Drs Junaedi, pada apel pagi 7 November 2024 di Plaza Pemkot Bekasi, Senin (7/10/2024)

SMPN 11 dan SMPN 15 dinilai peduli terhadap lingkungan bersih dan sehat, dengan tujuan membentuk budaya peduli lingkungan di kalangan warga sekolah.Selain itu, beberapa sekolah lain di Kota Bekasi, seperti SD Sekolah Alam, SDN Sepanjang Jaya IV, SMP Strada Nawar, hingga SMAN 17 dan SMA Marsudirini, juga mendapatkan piagam penghargaan Adiwiyata tingkat kota.

Kepala Bidang Tata Lingkungan Hidup, Disa Uni Flora, menyatakan kebanggaannya atas pencapaian ini dan berharap anak-anak sekolah semakin sadar menjaga lingkungan. Ia juga menekankan pentingnya konsep 3R (Reduce, Recycle, Reuse) hingga 5R (Replace, Replant) yang diterapkan di sekolah.

Baca Juga :  SMPN 7 Kota Bekasi Gelar Test Swab Antigen Untuk Antisipasi Penyebaran Covid 19

“Kita tentu sangat senang dan bangga atas diperolehnya piagam penghargaan sekolah adiwiyata tersebut, semoga anak-anak sekolah, generasi yang masih muda-muda usia tersebut sudah memilki kesadaran penuh untuk menjaga lingkungan yang bersih dan sehat. Sebab di sekolahnya sudah tertanam prinsip atau konsep 3 R atau 5 R: Reduce: mengurangi, Recycle; mendaur ulang dan Reuse: menggunakan kembali, hingga Replace; menggunakan kembali hingga Replant menanam kembali”, ujar Disa Uni Flora SSi, M Env kepala bidang Tata lingkungan hidap dan peningkatan kapasitas lingkungan hidup dinas lingkungan hidup kota Bekasi di ruang kerjanya.

Lebih lanjut Disa Uni Flora mengatakan, khususnya untuk keluarga besar SMPN 11 dan SMPN 15 Kota Bekasi yang sudah berhasil meraih sertifikat penghargaan sekolah Adiwiyata tingkat nasional, dirinya berharap agar prestasi dapat dipertahankan, ditingkatkan kwalitasnya termasuk juga dengan sekolah lainnya.

Baca Juga :  Kapolda Sumatera Utara Pantau Aktivitas Gunung Sinabung

“Pertahankan Prestasi dan Tingkatkan Kwalitas dan Kwantitas Sekolah Adiwiyata di Kota Bekasi.Prestasi harus dapat ditingkatkan dan dipertahankan walaupun nantinya ada pergantian kepala sekolah” imbuhnya.

Dirinya berharap, dengan banyaknya sekolah yang ada di kota Bekasi, baik itu tingat SD, SMP hingga SMA, agar perolehan piagam penghargaan ini semakin banyak, yang berarti pula semakin banyak jumlah dkwantitas anak didik atau anak bangsa yang menyadari mencintai dan menjaga kelestarian, kebersihan lingkungan hidup.

Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi memiliki peran strategis dalam pembinaan sekolah-sekolah Adiwiyata melalui penyuluhan dan pembenahan. Diharapkan semakin banyak sekolah yang meraih penghargaan ini sehingga generasi muda semakin mencintai dan menjaga lingkungan.(Hans)

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *