Disdik Kota Depok Sosialisasikan Asesmen Kompetensi Minimal

DEPOK EditorPublik.com – Dinas Pendidikan (Disdik)Kota Depok menggelar sosialisasi   Asesmen Kompetensi  Minimal (AKM)  yang diikuti 46 operator, Kepala Sekolah Negeri dan Swasta se Kecamatan Tapos Depok, yang dilaksanakan di SDN Cilangkap 4, Jln Jeruk Raya, Perum Sukatani Permai, Depok, Kamis (3/12/2020)

Dalam kesempatan tersebut Kepala Bidang Dinas (Kabid) Pendidikan Kota Depok, Sada, memberikan penjelasan kepada seluruh peserta AKM.

Dikatakan Sada, dikarenakan ada kebijakan dari Kemendikbud tahun 2021, setiap siswa  Sekolah Dasar (SD) kelas 5 untuk jenjang dan kelas 8 untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP), supaya mengikuti tes AKM secara  Nasional.

“Sebelum mengikuti tes AKM, para siswa akan diberikan pelatihan, untuk jenjang SD setiap sekolah mengirimkan  30 siswa, untuk SMP 45 siswa,  insya allah pelaksanaannya di bulan Agustus nanti, “ucap Sada.

Baca Juga :  Polsek Cikijing Lakukan Operasi PPKM Secara Stasioner di Pasar Tradisional

Untuk pelatihan itu sendiri lanjut Sada, setiap siswa harus mempunyai 1unit laptop, namun itu tidak menjadi kendala, sebab APBN tahun 2021, sekolah diperbolehkan untuk pembelian laptop, ” kata Sada.

Di jelaskannya, anggaran APBN tahun 2021,sekolah dasar diperbolehkan untuk pembelian laptop, untuk menunjang pelatihan AKM siswa, itupun kemungkinan masih ada kekurangan, solusinya laptop Kepala Sekolah dan guru sementara digunakan untuk pelatihan siswa.

Dalam hal pelatihan AKM kata Sada, setiap sekolah minimal  harus ada 10 laptop, maksimal 30 laptop ,kalau ada 10 laptop, pelatihan siswa akan di bagi menjadi tiga tahap. Setiap sekolah mempunyai kesempatan yang sama untuk ikut tes AKM yang di selenggarakan oleh Kemendikbud.

Baca Juga :  Sat Reskrim Polres Majalengka Ungkap Penipuan Penyaluran TKI Ilegal

“Operator bertugas untuk mendaftarkan para siswa yang ada di sekolah untuk ikut tes AKM. Operator wajib mempunyai akun dan web valid  di setiap sekolah ,”ujar Sada.

Untuk itu, Kepala Sekolah diharapkan menyediakan perangkat laptop, untuk pelatihan AKM, dan kami akan mencari solusi yang terbaik supaya para siswa yang ada di kota Depok,setiap siswa dapat mengekuti pelatihan Akmal, pungkasnya.(Machmud)

Bagikan :