Indonesia Mengajukan Diri Menjadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

JAKARTA EditorPublik.com – Sukses menjadi tuan rumah Asian Games dan Asian Para Games 2018, Indonesia mengajukan diri menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. Untuk pencalonan ini, kita bersaing dengan Australia, Jerman, Unifikasi Korea, Qatar, RRT, dan India. Hal itu disampaikan Presiden Jokowi dalam Rapat Terbatas (Ratas) mengenai persiapan Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade 2032 secara virtual. Rabu (4/11/2020)

Keinginan Presiden supaya Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade berkaca pada sukses penyelenggaraan Asian Games dan Asian Paragames di 2018. Sukses tersebut dikatakan Presiden membuka rasa percaya diri bangsa juga membuka mata dunia bahwa Indonesia mampu jadi tuan rumah yang baik dalam event internasional.

Baca Juga :  Polres Majalengka Bagikan 1.500 Paket Sembako

“Pencalonan jadi tuan rumah Olimpiade bukanlah untuk gagah-gagahan, melainkan salah satu cara untuk meningkatkan citra dan martabat bangsa. Karena itu, pencalonan ini harus dijadikan sebagai momentum untuk menata diri, memperbaiki yang selama ini masih kurang, dari penyiapan infrastruktur keolahragaan, prestasi atlet, visibilitas global sebagai kota penyelenggara, dan sebagainya”. Sebut Presiden Jokowi.

Indonesia memang telah memasukkan penawaran sebagai tuan rumah olimpade ke The International Olympic Committee (IOC) sejak 2018 lalu. Rencananya ibu kota baru di Kalimantan Timur diusulkan menjadi lokasi penyelenggaraan Olimpiade 2032. IOC sendiri akan mengumumkan nama mana yang terpilih menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 pada tahun 2025 nanti, atau 1 tahun setelah beroperasinya ibu kota baru Indonesia di Kalimantan Timur.

Baca Juga :  Presiden Jokowi Buka Rakernas dan Pertemuan Ilmiah Tahunan Ikatan Apoteker Indonesia

Penentuan tuan rumah ini akan ditetapkan di 2024 dan proses seleksi dimulai selambat-lambatnya 2023. Komite Olimpiade Internasional (IOC) telah menetapkan norma baru untuk tuan rumah Olimpiade yang lebih sederhana dan hemat biaya. Ini sesuatu yang baik. Olimpiade bukan lagi untuk menunjukkan kemewahan, tetapi kreativitas dan inovasi, lebih hemat biaya dan sederhana.

Sementara itu Menpora Zainudin Amali mengatakan, Presiden Jokowi menyampaikan sejumlah hal yang harus dipersiapkan untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.

“Tadi Presiden memberi arahan kepada kami untuk pertama segera menyiapkan tim dalam bentuk komite khusus untuk mempersiapkan biding tuan rumah Olimpiade 2032. Kedua, menyiapkan anggaran dan ketiga mempersiapkan berbagai hal yang berkaitan dengan proses bidding itu dalam bentuk proposal bersama dengan Komite Olimpiade Indonesia dan kementerian lembaga terkait,” kata Zainudin. (MEHA)

Bagikan :