Ini Profil Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit

JAKARTA EditorPublik.com – Jenderal Polisi Listyo Sigit adalah lulusan Akademi Kepolisian tahun 1991. Ia lahir di Ambon, Maluku, pada 5 Mei 1969. Listyo diajukan Presiden Jokowi sebagai calon tunggal Kapolri, setelah melewati banyak penugasan.

Pesiden Jokowi memilihnya sebagai calon tunggal dari lima calon yang diusulkan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas). Empat calon lainnya adalah Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono, Kalemdiklat Komjen Arief Sulistyanto, Kabaharkam Komjen Agus Andrianto, dan Kepala BNPT Boy Rafli Amar.

Dibalik kariernya yang cemerlang, tentu ada sosok istri yang setia mendampinginya. Dalam unggahan di akun Instagram @bareskrim.polri, terlihat potret Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo bersama sang istri, Juliati Sapta Dewi Magdalena. Potret tersebut dibagikan pada 14 November 2020, bertepatan dengan hari jadi Korps Brimob.

Baca Juga :  Kementerian ATR/BPN Bersama Komisi II DPR RI Sosialisasikan Program PTSL di Kabupaten Bekasi
Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo bersama sang istri, Juliati Sapta Dewi Magdalena

Berbagai prestasi yang ditunjukkan Listyo Sigit setelah baru saja menjadi Kabareskrim akhir tahun 2019 lalu, diantaranya adalah mengungkap kasus penyiraman air keras terhadap penyidik KPK Novel Baswedan, menangkap buronan kelas kakap Joko S Chandra di Malaysia.

Jenderal Listyo Sigit adalah Jenderal beragama Kristen kedua yang pernah memimpin Korps Bhayangkara. Sebelumnya pernah Polri dipimpin Jenderal Widodo Budidarmo (Periode 1974-1978).

Listyo dikenal dekat dengan Presiden Jokowi karena pernah menjabat sebagai Kapolres Solo pada 2011, saat Jokowi masih menjabat sebagai Wali Kota Solo.

Kedekatan Listyo dan Jokowi berlanjut ketika Jokowi menjadi Presiden. Pada 2014, Listyo pun menjadi ajudan Jokowi.

Setelah tidak menjadi ajudan Jokowi, Listyo menduduki sejumlah jabatan di kepolisian, yakni Kapolda Banten pada 2016-2018 dan Kadiv Propam Polri pada 2018-2019, sebelum diangkat menjadi Kabareskrim. (Artzon)

Bagikan :