BERITA UTAMAKESEHATANNUSANTARA

Satu Orang Warga Paindoan Kab.Toba Positif Covid-19

BALIGE, EditorPublik.com,
SATU orang warga Desa Paindoan Kabupaten Toba dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil uji swab.

Saat ini, pasien berinisial JS, dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Porsea, Kabupaten Toba.

Seluruh anggota Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Toba yang menangani pasien berinisial JS (21) tersebut telah menjalani rapid test guna mengantisipasi penyebaran Covid-19 ini.

Kepada wartawan di kantor bupati Senin sore (11/05/2020), Bupati Kabupaten Toba, Darwin mengatakan: “Selama ini kita telah menjaga agar covid-19 tidak masuk ke Toba. Tapi ternyata ada pemberitahuan resmi dari Rumah Sakit USU dan Dinas Kesehatan Provinsi Sumut bahwa ada satu orang warga Toba positif corona.

Baca Juga :  Ketua Dewan Pengawas Yayasan SMA TB Soposurung Kunjungi Wisata Alam Sipinsur

Swab-nya diambil tanggal 30 April, dan hari ini kita dapat surat dari Dinas Kesehatan dan satu surat dari Rumah Sakit USU.

Bupati menyampaikan keterangan tersebut beberapa menit sebelum tim medis berangkat untuk menjemput warga yang positif terpapar covid-19 itu dan kemudian membawanya ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Porsea didampingi enam orang petugas medis, termasuk Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Toba, dr. Juliwan Hutapea, dengan mengenakan alat pelindung diri (APD)

Bupati Toba selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Toba, Ir.Darwin Siagian meminta warganya tidak panik sehubungan ada satu warga Kecamatan Balige yang positif terpapar covid-19.

Ditambahkan Darwin, saat ini pihaknya juga tengah melakukan pendataan terhadap orang-orang yang melakukan kontak erat dengan pasien tersebut.

Baca Juga :  KST Papua Serang Satgas Yonif R 321/GT, Satu Prajurit TNI Gugur

“Selain keluarganya, kita juga mendata siapa saja yang pernah kontak, untuk mengantisipasi dan memutus mata rantai penyebaran virus Covid- 19 ini,” kata Bupati Toba Ir.Darwin Siagian

Dengan memakai APD, Tim medis langsung berangkat menjemput Pasien terpapar dan kelima anggota keluarganya.

Semua orang yang tinggal di rumah si pasien diwajibkan menjalani pemeriksaan medis di rumah sakit, serta isolasi diri, sesuai anjuran Tugas Gugus Covid-19, Kabupaten Toba. (Erni HGaol).

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *