BERITA UTAMAMEGAPOLITANPENDIDIKAN

SMAN 14 Kota Bekasi Raih Prestasi Dengan Mengedepankan Pendidikan Karakter

KOTA BEKASI EditorPublik.com, SMA Negeri 14 Kota Bekasi lebih mengedepankan pendidikan karakter dalam upaya meraih prestasi. Hal ini terungkap dalam wawancara khusus dengan  Wakil Kepala Sekolah bidang Humas, Usman, S. Pd, M. Pd di ruang kerjanya, Jalan Ceri Raya Perum Alinda – Kaliabang Tengah Bekasi Utara Kota Bekasi Jumat (21/2/2020)

Dengan mengusung visi sekolah: religius, berkarakter, berprestasi dan berbudaya lingkungan, SMA Negeri 14 Kota Bekasi dibawah kepemimpinan Drs. H. Asep Jamal Nurarifin, M.Pd, mampu menorehkan sejumlah prestasi akademik dan non akademik di tingkat Provinsi, Nasional maupun Internasional.

” Pendidikan karakter bertujuan untuk meningkatkan mutu penyelenggaraan dan hasil pendidikan di sekolah, yang mengarah pada pencapaian pembentukan karakter dan akhlak mulia peserta didik secara utuh, terpadu dan seimbang. Pintar secara IQ saja tidak cukup,kita ingin memasukan ESQ emosional dan spiritual.” kata Usman mengawali pembicaraan.

Foto bersama Wakil Wali Kota Bekasi, Dr.Tri Adhianto, Kepala Sekolah SMAN 14 Drs. H. Asep Jamal Nurarifin, M.Pd dan para siswa.

Siswa SMAN 14 Bekasi Juara OSN – Astronomi

Siswa SMAN 14 Bekasi berhasil menjadi juara dengan raihan Medali Perak di Olimpiade Sains Nasional pada bidang Astronomi. Setelah lolos tingkat Kota dan Provinsi akhirnya peserta olimpade sains dapat melalu hingga tingkat Nasional. Olimpiade Sains Nasional (OSN) diadakan di Manado, Sulawesi Utara pada tanggal 1 sampai 6 Juli 2019 dengan tema “Mencintai Sains, Mengukir Masa Depan”.

Baca Juga :  Kakanwil dan Kapolda Sumut Pantau Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Rutan Medan

Penyelenggaraan OSN jenjang SMA mempertandingkan sembilan bidang sains, yaitu Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Bidang Geografi.Untuk bidang Matematika diikuti 77 peserta Fisika 79 peserta, Kimia 74 peserta, Komputer/Informatika 75 peserta, Biologi 77 peserta, Atronomi 72 peserta, Ekonomi 77 peserta, Kebumian 77 peserta, dan Geografi 77 peserta.Lokasi perlombaan jenjang SMA yang berlangsung di Manado, diselenggarakan di beberapa tempat, yaitu Manado Independent School (Matematika dan Astronomi), SMAN 9 (Fisika), SMAN 1 (Kimia), SMA Katolik Rex Mundi (Informatika), SMA Kristen Eben Haezar (Biologi), SMKN 2 (Ekonomi), SMA St. Nikolaus Lokon Tomohon (Kebumian), dan SMKN 1 (Geografi).

Selain juara bidang astronomi, SMA Negeri 14 Kota Bekasi juga berhasil menorehkan prestasi akademis dan non akademis lainnya, seperti lolos ke tingkat nasional Olympiade sains Astronomi di Menado, Guru terbaik matematika tingkat nasional dan ikut ke Korea, Juara LKBB Paskibra tingkat Provinnsi Jawa Barat, Juara Pencak Silat Juara tingkat Kota di Semarang.

Gilbert Elroy Tarigan, Berpeluang dapat Master Internasional

Baca Juga :  Menkominfo: 514 Kabupaten dan Kota Tersambung Internet Kecepatan Tinggi
Gilbert Elroy Tarigan

Prestasi yang membanggakan juga datang dari seorang siswa SMAN 14 Kota Bekasi, adalah seorang Gilbert Elroy Tarigan telah menorehkan prestasi Internasional dalam turnamen catur Internasional dengan Titel “4th Eastern Asia Youth Chess 2019” yang diselengarakan diBangkok, Thailand pada tanggal 1 – 9 Agustus 2019 yang diikuti oleh peserta dari 13 Negara. Indonesia menurunkan Pecatur belia ini turun dalam kategori U – 18 (kategori tertinggi) dalam turnamen, padahal usianya baru menginjak usia 16 tahun.

Gilbert berhasil tampil sebagai juara pertama dengan meraih 8 point hasil dari 7 kali menang, 2 kali remis, dan tidak pernah kalah sekalipun dari 9 babak yang dimainkan. Dengan menjadi juara dalam turnamen ini, Gilbert Elroy Tarigan berhasilmenyandang gelar Master Internasional (MI).

Dengan melihat umur yang masih muda, serta pengalaman bertanding catur di kejuaraan dunia yang cukup di berbagai negara (Brazil, Chi-na, Russia, Malaysia,India, dll) , gelar Grand Master (gelar tertinggi dalam catur) bukanlah sebuah isapan jempol belaka. Tentu hal ini merupakan mimpi yang harus diwujudkan oleh kita semua untuk mendukung prestasi anak  suku karo ini. Gilbert Elroy Tarigan kelahiran Jakarta, 5 Januari 2003 ini telah menorehkan sejumlah prestasi, antara lain:

  1. 1st place Eastern Asian Youth U-18 Thailand (International Master)
  2. 3rd place Rapid Asian Youth Chess Champ 2019 Srilanka.
  3. Best Board 1 Penang Chess League 2018 Penang.
  4. Bronze Medal on 4th Board World Youth (U-16) Chess Olympiad 2017 India.
  5. 1st place Blitz U-15 13th Asian Schools 2017 China.
  6. 6th place U-17 6th Children of Asia International Games 2016 Russia.
  7. 3rd place U-13 World Schools Chess Champ 2015 Thailand.
  8. 5th place U-11 World Schools Chess Champ 2014 Brazil
Baca Juga :  Menko Marinvest: PPKM Darurat, Masyarakat Ekonomi Lemah Akan Dapat Bantuan Sosial

Kegiatan Sosial dan Lingkungan

Untuk di lingkungan sekolah, Pramuka juga melakukan penanaman dan pemberdayaan tanaman hidroponik di sekolah untuk mengajak siswa dan siswi SMAN 14 Bekasi meningkatkan ketrampilan dan menanamkan jiwa cinta lingkungan kepada lingkungan dan juga bisa menjadi wadah kegiatan kewirausahaan Pramuka.

Brigpas 14 OSIS SMAN 14 Kota Bekasi

Paskibra

Dbawah naungan OSIS SMAN 14 Bekasi, didirikan kelompok paskibra dengan nama BRIGPAS 14 di dirikan pada tanggal 17 Agustus 2007 dan telah menorehkan prestasi seperti juara Juara Umum dan Juara Utama 1 final LKBB Jawa Barat di Bandung  dan Juara Utama 3, Juara Variasi Formasi 2,  Juara PBB Harapan 2 dan Pasukan Terbaik 2 Agraris Semarang.

Dalam kegiatan ekskul, Paskibraka bekerjasama dengan Polsek Bekasi Utara dan Polres Metro Bekasi Kota, sekaligus memberikan bantuan baju seragam untuk anggota Paskibraka.

Wakil Wali Kota Bekasi Dr.Tri Adhianto Tjahyono juga ikut memberikan sumbangan baju karena SMAN 14 berhasil menjadi juara tingkat Provinsi Jawa Barat sebagai tanda terima kasih. (MEHA)

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *