Wapres KH Ma’ruf Amin Resmikan Program ATENSI Kemensos RI

KOTA BEKASI EditorPublik.com – Wakil Presiden Republik Indonesia, KH. Ma’ruf Amin, meresmikan
program Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia yaitu gedung Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) di gedung Departemen Sosial di Kota Bekasi, Kamis (18/2/2021).

Turut hadir mendampingi Maruf Amin, Menteri Sosial RI, Tri Rismawati, Gubernur Jawa Barat, M. Ridwan Kamil, dan Wali Kota Bekasi, Dr. Rahmat Effendi

Wapres Ma’ruf Amin, menyatakan bahwa program ATENSI dapat menjadi salah satu program strategis untuk mengentaskan kemiskinan ekstrim masyarakat termiskin yang belum terjangkau layanan sosial dasar.

“Kesempatan kerja yang diberikan bagi eks pemulung dan tuna wisma di perusahaan-perusahaan BUMN selayaknya diikuti oleh perusahaan swasta dan perusahaan BUMN lainnya,” kata Wapres.

Baca Juga :  Pj Wali Kota Bekasi Buka Kegiatan Bulan Dana PMI Kota Bekasi

Pogram Atensi dijalankan oleh Kementerian Sosial di Balai Karya Pangudi Luhur Bekasi. Sasarannya adalah para penerima manfaat, seperti warga telantar dan rentan.

Mereka akan diberikan pelatihan vokasional dan pembinaan kewirausahaan seperti pelatihan olahan pangan (kuliner), pelatihan budidaya ikan air tawar, pelatihan pengelolaan sampah, pelatihan tanaman hidroponik, pelatihan ternak ayam, pelatihan tanaman media tanah dan pelatihan pembuatan komposter.

Melalui program ATENSI, warga terlantar dan rentan diberikan akses bekerja di perusahaan mitra Kemensos.

Beberapa diantaranya bekerja di PT PP Properti Grand Kamala Lagoon, PT Waskita Karya (Persero) Tbk., dan lembaga lainnya yang bekerjasama dengan Kementerian Sosial.

Nantinya program ATENSI ini juga akan melaksanakan rehabilitasi sosial yang terarah, terpadu dan berkelanjutan oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah dan masyarakat, untuk klaster Rehabilitasi Sosial yaitu Anak, Lanjut Usia, Penyandang Disabilitas, Korban Penyalahgunaan Napza serta Tuna Sosial dan Korban Perdagangan Orang.

Baca Juga :  Kota Bekasi Raih Penghargaan Sebagai Kota Harmonis Tahun 2019

“Saya berterima kasih sekali untuk program ini, karena penyandang disabilitas bisa ikut diberdayakan, azas kemanusiaannya bisa bersama sama kita naungi” ujar Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, dalam sambutannya. (MEHA)

Bagikan :