Warga Mengeluh, Limbah Catering Dibuang di Selokan Sekolah

JAKARTA EditorPublik.com, Warga masyarakat mengeluhkan bau yang setiap hari menggenangi selokan di depan SD Negeri Setu 01 dan SD Negeri Setu 02 Kelurahan Setu Jakarta Timur. Berdasarkan aduan dan keluhan masyarakat, yang kebanyakan Ibu-ibu yang mengantar  dan menjemput anaknya pulang pergi belajar di SDN Setu, mengeluhkan ‘bau’ yang  menyebabkan polusi udara di lingkungan sekolah.

Menurut warga dan Satpam lingkungan, limbah dan bau yang mengalir setiap hari di selokan SDN Setu bersumber dari pembuangan usaha Catering yang berada di pojok sekolah.

Pantauan EditorPublik.com, selokan yang melintasi gerbang masuk sekolah ini, selain berminyak, juga berbau menyengat, hingga kebanyakan orangtua yang mengantar maupun menjemput anaknya, atau menunggu di sekitar sekolah, pasti menutup hidung berlama-lama karena tidak tahan dengan bau limbah busuk tersebut.

Baca Juga :  BPPH Pemuda Pancasila DKI Jakarta Buka Layanan Hukum Gratis

Warga sekitar mengharapkan Lurah Setu, memiliki kepekaan terhadap lingkungan, karena menurut beberapa warga, sudah pernah di ingatkan agar pemilik catering membuang limbah dalam  septic tank tersendiri,

namun pemilik catering tidak menggubrisnya.

Padahal, sekolah apalagi Sekolah Dasar Negeri, seharusnya steril dari limbah apapaun apalagi bau menyengat, yang terkadang sampai tercium ketika sedang belajar, juga berpengaruh kepada konsentrasi Guru dalam menyampaikan materi pelajaran kepada siswa.

Sampai berita ini diturunkan, EditorPublik masih berusaha meminta tanggapan atau klarifikasi tentang izin catering yang diduga mencemari saluran dekar sekolah.

Diharapkan, dengan pemberitaan ini, Lurah Setu dan jajarannya, tanggap dan peka akan keluhan warganya, dengan memberi pengarahan kepada setiap pemilik usaha, supaya menyediakan pengolahan limbah tersendiri; baik itu limbah cair, limbah serbuk ataupun limbah pencemaran udara, agar tidak  mengotori lingkungan maupun warga sekitar. D@VID’70

Bagikan :