Penyebab Komputer Mati Sendiri dan Hidup Lagi

JAKARTA EDITORPUBLIK.COM, Penyebab komputer mati sendiri dan hidup lagi biasanya disebabkan oleh berbagai macam faktor. Berbagai masalah dapat menyebabkan gangguan terjadi pada komputer, sehingga saat menggunakannya kamu tidak menjadi terganggu.

Apabila kejadian ini tidak hanya berlangsung sekali saja, namun sudah berkali-kali tentunya kamu akan bertanya-tanya ada apa dengan komputermu. Bahkan bila hal ini terjadi saat kamu sedang bekerja, tentunya banyak pekerjaan yang akan tertunda, apalagi bila pekerjaan yang sedang berjalan belum disimpan.

Kepanasan atau Overheat

Penyebab komputer mati sendiri dan hidup lagi yang pertama disinyalir adalah karena kepanasan atau overheat. Prosesor biasanya dirancang untuk mematikan diri sendiri jika mengalami overheat atau kepanasan. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan yang lebih parah pada hardware. Sedangkan overheat sendiri bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti debu yang menumpuk, kipas prosesor rusak, Thermal Paste rusak, atau beban komputer terlalu berat.

Baca Juga :  Soal Kabinet, Presiden Jokowi: Sabar, Tunggu Saja Pasti Diumumkan

Beban kerja komputer terlalu berat

Membiarkan komputer bekerja terlalu berat, atau membuka berbagai program yang berat tanpa berisitirahat dapat membuat komputer kepanasan dan menjadi salah satu penyebab komputer mati sendiri dan hidup lagi. Jika komputer kamu mengalami hal demikian, maka kamu sebaiknya membiarkan komputer untuk beristirahat terlebih dahulu setidaknya 1 sampai 2 jam hingga seluruh komponen komputer kembali dingin. Setelah yakin semua komponen sudah dingin, kamu bisa menggunakannya kembali.

Debu yang menumpuk

Komputer yang tidak pernah dibersihkan hingga debu menumpuk juga dapat menyebabkan overheat yang nantinya berujung pada penyebab komputer mati sendiri dan hidup lagi. Debu yang menumpuk pada komponen di bagian dalam komputer, seperti pada kipas, motherboard, serta komponen lain, akan mengakibatkan aliran udara pendingin komputer menjadi terhambat. Hal ini mengakibatkan pergantian udara panas dan dingin menjadi sulit terjadi.

Baca Juga :  Aplikasi e-Open Disdukcapil Kota Bekasi Bisa Kembali Diakses

Oleh karena itu, kamu harus segera membersihkan debu yang menumpuk di komputer tersebut. Debu biasanya paling banyak menumpuk pada kipas/ fan processor dan saluran udara keluar. Hati-hati saat melepaskan dan memasangkan casing serta komponen. Kamu harus mengingat posisinya, dan melakukan pemasangan kembali dengan tepat dan kuat (tidak kendor). Kamu juga bisa sekalian memeriksa apakah kipas masih bekerja dengan baik atau tidak. (EP1)

Bagikan :