BERITA UTAMANUSANTARAPOLITIK

Antonius Tumanggor Minta Pemkot Medan Bagikan Bibit Ikan dan Tanaman Produktif

MEDAN EditorPublik.com – Antonius Tumanggor, anggota Komisi lV DPRD Kota Medan yang juga sebagai Wakil Ketua Fraksi Partai Nasdem DPRD Medan, meminta agar pembagian bibit ikan dan bibit tanaman produktif kembali digalakkan untuk membantu masyarakat terdampak pandemi covid 19.

Tumanggor meminta Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Medan untuk kembali menggalakkan program pemberdayaan lahan pekarangan dengan tanaman produktif seperti beternak ikan lele.

Program ini tahun lalu sudah direalisasikan melalui pemberian bibit tanaman cabai dan bibit ikan lele untuk membantu warga terdampak pandemi Covid-19.

Hal itu disampaikan anggota Komisi lV DPRD Kota Medan yang juga sebagai Wakil Ketua Fraksi Partai Nasdem DPRD Medan Antonius Devolis Tumanggor, Senin (23/8/2021).

Baca Juga :  Harga BBM Naik, Mensos Tri Rismaharini Pastikan BLT BBM Tepat Sasaran

Menurutnya, pasca penerapan PPKM level lV di Kota Medan, OPD harus inovatif mendukung kerja keras Walikota Medan M Bobby Nasution dalam menangani pandemi Covid-19 baik itu penyiapan Isoter (isolasi terpadu) ataupun dukungan terhadap yang melakukan Isoman.

Dinas Pertanian dan Perikanan yang sudah sejak tahun lalu gencar dengan program tanaman produktif dan ternak lele dengan memanfaatkan lahan pekarangan perlu untuk dilanjutkan.

“Program ini harus digalakkan lagi agar warga kota khususnya yang terdampak pandemi punya kesibukan dan bermanfaat secara ekonomis. Paling tidak kebutuhan untuk keluarga bisa terbantu,” ujar Antonius yang berasal dari Dapil 1 Kota Medan itu.

Antonius mencontohkan tahun lalu, warga Medan Helvetia membentuk Poktan (Kelompok Tani) dan mendapat bantuan bibit ikan dan bibit tanaman.

Baca Juga :  Komisi I Ingatkan Pj. Wali Kota Bekasi Jangan Salah Pilih Sekretaris DPRD Kota Bekasi

Bahkan saat Reses Maun Sosper dirangkaikan dengan pembagian bibit ikan lele dan ikan nila serta bibit bunga dan tanaman produktif. Masyarakat sudah merasakannya sehingga perlu digalakkan kembali.

Ia pun menyebutkan beberapa jenis usaha yang perlu dijajal kembali seperti ternak ayam dan itik. Dalam waktu dekat ini, pihak Dinas Pertanian dan Perikanan membagikan ternak ayam kampung dan itik serta pakan ternaknya kepada kelompok tani yang sudah terbentuk agar masyarakat punya kesibukan dan membatasi kegiatan diluar rumah sebutnya.

Ditampung TA 2022

Sementara itu Kadis Pertanian dan Perikanan Ikhsar Risyad Marbun mengatakan pihaknya masih terus mengembangkan pembibitan ikan dan tanaman produktif untuk membantu masyarakat ditengah pandemi Covid-19 yang masih berjangkit di Kota Medan.

Baca Juga :  Lurah Mekarsari Depok Launching Posyandu Remaja

Pengembangbiakan bibit ikan dan tanaman produktif ini bertujuan untuk menampung permintaan warga dan memanfaatkan lahan pekarangan dan kolam sederhana. Sampai saat ini permintaan akan bibit ikan dan tanaman produktif terus berdatangan dari warga.

“Pada TA 2022 pun sudah kita programkan agar permintaan bibit ikan dan bibit tanaman produktif bisa terpenuhi” ujar Marbun. (lam/Ly)

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *