BERITA TERBARUNUSANTARA

RSUD Majalengka Akan Miliki Mesin PCR

MAJALENGKA EditorPublik.Com – Upaya Pemerintah Kabupaten Majalengka dalam mempercepat penanganan Covid-19, salah satunya yaitu memiliki mesin pendeteksi virus corona sendiri. Mesin tersebut akan menjadi bagian fasilitas pendukung kinerja tenaga medis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Majalengka.

Direktur RSUD Majalengka, dr. H. Harizal F. Harahap melalui Kabid Pelayanan dan Perawatan RSUD Majalengka, dr. Erni Harleni membenarkan bahwa mesin Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk mendeteksi Virus Corona itu akan dimiliki RSUD Majalengka
untuk mempercepat penanganan Covid-19. Sebab selama ini, hasil tes swab yang pihaknya lakukan harus dikirim terlebih dahulu ke Labkesda Jabar atau UGJ Cirebon sehingga hasilnya pun akan memakan waktu beberapa hari dan lebih lama, Kamis (26/11/2020).

Baca Juga :  dr Kusnanto: RSUD CAM Kota Bekasi Berupaya Berikan Pelayanan Prima

Namun, sebagai langkah awal dalam masa pandemi Covid-19 sendiri, Kabupaten Majalengka bekerja sama dengan sejumlah rumah sakit lain pemeriksaan PCR supaya hasilnya jatuhnya lebih cepat.

Lambat laun, hal itu membutuhkan waktu lebih lama, sehingga pihaknya beberapa waktu terakhir ini telah mengajukan ke pemerintah untuk mengadakan mesin PCR sendiri.

“Alhamdulilah disetujui dan tinggal menunggu ruangan selesai direnovasi. Sementara, petugas medis RSUD Majalengka juga saat ini sedang menjalani pelatihan, mudah-mudahan di pertengahan Desember 2020 sudah bisa running,” ujarnya.

Mesin PCR yang disiapkan ini akan bisa mengoperasikan sebanyak 40 sampel dalam sekali running. Sehingga, hasil tes swab yang selama ini digelar bisa segera diketahui hanya dalam waktu beberapa jam saja.  (Siti.A)

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *