Kapolres Humbahas Akan Dalami Laporan Pembalakan Hutan di Kecamatan Onan Ganjang

HUMBAHAS EditorPublik.com – Kapolres Humbang Hasundutan (Humbahas), AKBP Hary Ardianto SH SIK MH, menyatakan akan mendalami laporan masyarakat tentang adanya dugaan kegiatan pembalakan liar di desa Sihikkit yang berbatasan langsung dengan desa Bonan Dolok Kecamatan Sijamapolang dan Kecamatan Onan Ganjang Kabupaten Tapanuli Utara Provinsi Sumatera Utara.

“Terima kasih Infonya dan akan kita dalami” ujar Kapolres Humbahas singkat, menjawab pertanyaan EditorPublik.com, Senin (6/5/2024).

Untuk diketahui, penebangan kayu di hutan Desa Sihikkit Kecamatan Onan Ganjang ini diperoleh atas laporan warga masyarakat desa Sihikkit,yanng resah dengan pembalakan hutan yang terjadi sekitar satu bulan.

Warga juga semakin resah, karena menganggap aparatur pemerintah Kecamatan Onan Ganjang dan aparat penegak hukum seolah olah tutup mata dengan kegiatan pembalakan hutan tersebut.

Baca Juga :  Rahmat Effendi Terima Penghargaan Sebagai Tokoh Toleransi 2020
Antrian Truk Pengangkut Kayu

Pantauan EditorPublik.com, di lokasi pembalakan, terlihat tiga unit alat berat, antrian truk pengangkut kayu  serta hamparan hutan yang sudah gundul.

“Kami sangat berkeberatan, berharap penebangan hutan ini segera dihentikan, karena dilakukan di daerah hulu yang menjadi sumber air untuk kebutuhan masyarakat sihikkit. Dikhawatirkan, bila penebangan hutan ini terus dilakukan, akan menyebabkan kekeringan dan bencana alam,” ujar warga yang identitasnya tidak mau dipublikasi.

Camat Onan Ganjang Posma Simanullang, kepada EditorPublik.com mengaku tidak mengatahui tentang kegiatan pembalakan tersebut. “Kami tidak pernah mengeluarkan izin penebangan hutan. Saya sangat mendukung bila penebangan hutan ini segera dihentikan” ujar Posma, Camat Onan Ganjang. (Masler)

 

Bagikan :