Rahmat Effendi Terima Penghargaan Sebagai Tokoh Toleransi 2020

KOTA BEKASI EditorPublik.com – Perkumpulan Wartawan Media Kristiani Indonesia (Perwamki), memberikan Piagam Penghargaan sebagai Tokoh Toleransi 2020 kepada Wali Kota Bekasi. Penghargaan tersebut diserahkan dalam apel pagi bersama para ASN di lingkungan Kota Bekasi, Senin (16/11/2020) di Stadion Sepak Bola Chandrabaga, Kota Bekasi.

Emanuel Dapa Loka selaku Ketua panitia seleksi, menyebutkan bahwa penghargaan tersebut diadakan dalam rangka HUT Perwamki  ke-17.  Selain Rahmat Effendi, Penghargaan juga diberikan kepada 17 tokoh, dengan kategori masing-masing antara lain Alm Jakob Oetama (Tokoh Pers Inspiratif), drg. Aloysius Giyai (Tokoh Kesehatan), Setio Lelono (Tokoh Advokasi Gereja), Ruhul Ma’ani (Tokoh Muda Islam), Mayjend TNI dr. Albertus Budi Sulistyo (Dokter Kepresidenan).

Baca Juga :  Bareskrim Tangkap Komplotan Produsen Oli Palsu

Menurut Emanuel Dapa Loka, Wali Kota Bekasi yang akrab disapa Pepen ini, telah menunjukkan sikap tokoh pluralisme, mengayomi seluruh warga Kota Bekasi tanpa membeda-bedakan suku, ras, golongan dan agama.

“Pepen adalah pemimpin yang bijaksana dan berpihak pada konstitusi. Bagi kami, Pepen adalah ‘Mentari Toleransi Indonesia dari Bekasi’. Indonesia tentu butuh banyak matahari seperti ini untuk menyuntikkan energi bagi Indonesia kita ini,” kata Emanuel Dapa Loka.

Rasnius Pasaribu, anggota fraksi golkar DPRD Kota Bekasi yang hadir dalam kesempatan tersebut dan mendapat kehormatan mengalungkan selendang Perwamki mengatakan, Pepen sangat layak mendapatkan apreasiasi tersebut.

“Pepen adalah pribadi yang tidak hanya basa-basi dalam toleransi. Selamat kepada Pak Rahmat Effendi atas penghargaan ini, dan terima kasih telah menjadi teladan bagi warga Kota Bekasi dan rakyat Indonesia. Teruslah berkarya dalam memajukan Kota Bekasi dan peradaban yang bermartabat,” kata Rasnius

Baca Juga :  Pemilihan Ketua RT 05 RW 01 Harapan Jaya Bekasi Utara Berlangsung Meriah

Dalam kesempatan ini, Rasnius Pasaribu juga menyampaikan salam dan selamat dari Uskup Jakarta, Mgr.Ignatius Kardinal Suharyo yang juga adalah Ketua Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) atas penghargaan yang Pepen terima tersebut.

Seperti diketahui, dalam catatan Toleransi di Kota Bekasi dan menilik data survei Setara Institute, pada tahun 2017 menempatkan Kota Bekasi pada urutan 53 dan DKI Jakarta di urutan 94 dalam Indeks Kota Toleran di Indonesia.

Dalam survei yang sama pada dua tahun kemudian, Kota Bekasi sudah berada di peringkat ke-6. Atas kemajuan signifikan ini, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mendapatkan penghargaan dari Setara Institute. (MEHA)

Bagikan :